@phdthesis{UNY51209, author = {TRIANA RISTANTI}, year = {2017}, school = {Fakultas Ekonomi}, title = {PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI DASAR PERSEDIAAN SISWA KELAS XI AK 1 SMK YPE SAWUNGGALIH TAHUN AJARAN 2016/2017}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Persediaan Siswa Kelas XI AK 1 SMK YPE Sawunggalih Tahun Ajaran 2016/2017 melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK 1 SMK YPE Sawunggalih Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak 32 siswa. Setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I dilaksanakan dalam 2 pertemuan dan siklus II dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, angket dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan menghitung skor Motivasi Belajar Kompetensi Dasar Persediaan, menyajikan data, penarikan kesimpulan dan menghitung skor Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Persediaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan Motivasi Belajar Kompetensi Dasar Persediaan, hal ini dibuktikan bahwa skor rerata Motivasi Belajar Kompetensi Dasar Persediaan pada siklus I sebesar 69,44\% dan pada siklus II mencapai 77,89\% atau terjadi peningkatan sebesar 8,45\%.(2) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Persediaan, hal ini dibuktikan bahwa nilai rata-rata post test pada siklus I sebesar 72,12 dan post test pada siklus II sebesar 80 atau terjadi peningkatan sebesar 7,88. Persentase ketuntasan hasil post test siklus I sebesar 50\% dan persentase ketuntasan hasil post test siklus II sebesar 78,12\% atau meningkat sebesar 28,12\%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Persediaan Siswa Kelas XI AK 1 SMK YPE Sawunggalih Tahun Ajaran 2016/2017.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/51209/}, keywords = {Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw, Motivasi Belajar Kompetensi Dasar Persediaan, Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Persediaan.} }