@phdthesis{UNY51185, month = {July}, author = {Muhammad Bashori Nur Rohmani and Heri Retnawati}, title = {ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MIRIP TIMSS BERDASARKAN DISTRAKTOR DAN TEORI KESALAHAN NEWMAN}, school = {UNY}, year = {2017}, url = {http://eprints.uny.ac.id/51185/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam mengerjakan soal mirip TIMSS berdasarkan distraktor yang terdapat pada soal pilihan ganda dan mengetahui kesalahan-kesalahan siswa pada soal uraian menggunakan teori kesalahan Newman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif eksploratif dengan data menggunakan data kuantitatif. Subjek penelitian adalah 32 siswa SMP N 1 Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Untuk mendapatkan data kesulitan siswa dalam mengerjakan soal mirip TIMSS, digunakan instrumen penelitian berupa dokumen hasil tes kemampuan matematika siswa yang dilakukan oleh Nidya Ferry Wulandari dan Jailani dalam penelitiannya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 37 soal pilihan ganda dan 4 soal uraian yang telah dibuat oleh Nidya Ferry Wulandari dan Jailani dalam penelitiannya yang kemudian oleh peneliti dibuat instrumen rubrik distraktor pada soal pilihan ganda dan rubrik indikator teori kesalahan Newman untuk soal uraian untuk mengetahui kesalahan-kesalahan siswa dalam mengerjakan soal mirip TIMSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari soal-soal pilihan ganda dan distraktor yang ada, terdapat tiga macam distraktor yang ditemukan, yaitu distraktor karena salah konsep, salah hitung dan kurang teliti. Dari ketiga distraktor tersebut, siswa paling banyak mengalami kesalahan menjawab karena terkecoh oleh distraktor salah konsep yaitu sebesar 20,44\%. Selanjutnya terkecoh karena salah hitung sebanyak 7,686\%, dan terkecoh karena distraktor aspek kurang teliti sebesar 5,659\%. Sedangkan data soal uraian dilihat dari tipe kesalahan menurut teori newman, siswa paling banyak melakukan kesalahan pada tipe kesalahan memahami masalah (comprehension error) dengan banyak siswa yang melakukan kesalahan sebesar 86\%, untuk tipe kesalahan transformasi (transformation error) sebanyak 74\%, pada kesalahan keterampilan proses (process skill error) pun juga terdapat 74\% siswa yang melakukan kesalahan, dan untuk kesalahan penulisan (encoding error) terdapat 69\% siswa melakukan kesalahan. Kata kunci: Kesalahan Siswa, TIMSS, Distraktor, Teori Newman} }