eprintid: 51183 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/11/83 datestamp: 2017-07-26 09:06:24 lastmod: 2019-10-01 11:37:01 status_changed: 2017-07-26 09:06:24 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Linda Liestiani, Linda Liestiani title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DI SMP N 1 MUNTILAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kata kunci: UNY, PPL, SMP Negeri 1 Muntilan, Pendidikan Bahasa Inggris abstract: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi yang memiliki tugas untuk menghasilkan tenaga pendidik yang profesional. Untuk mewujudkan hal itu, UNY melaksankan suatu program yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang wajib diikuti oleh mahasiswa program studi kependidikan. Dalam program ini, mahasiswa dituntut bias mempraktikkan apa yang telah dipelajari selama kuliah di dalam proses belajar mengajar yang sesungguhnya. Sebelum melaksanakan PPL, mahasiswa mengikuti perkuliahan pembelajaran mikro, pembekalan PPL dan melakukan observasi pembelajaran di kelas. Hal ini dilakukan supaya pelaksanaan program kegiatan PPL dapat berjalan dengan lancar. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa melakukan praktik mengajar, kegiatan rutin 4S (Sambut, Senyum, Sapa, dan Salam), upacara bendera, mengikuti ekstrakurikuler, pendampingan kegaiatan character building, serta membantu administrasi guru. Dalam pelaksanaan praktik mengajar, mahasiswa membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, instrument penilaian dan konsultasi dengan guru pembimbing. Dalam hal ini, mahasiswa mendapat tugas mengajar kelas VIII A, VIII B dan dan IX H dengan jumlah 12 jam pelajaran setiap minggunya. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan PPL selama 2 bulan mulai dari tanggal 15 Juli hingga 15 September 2016 di SMP Negeri 1 Muntilan yaitu pengalaman dalam proses kegiatan belajar mengajar yang sesungguhnya, pengalaman bagimana menghadapi peserta didik yang memiliki karakter yang berbeda-beda, pengalaman bagaimana cara mengelola kelas, mengelola waktu, menilai dan mengevaluasi pembelajaran. Dengan demikian, program Praktik Pengalaman Lapangan merupakan sarana dalam melatih dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengajar dan juga sebagai sarana dalam mengevaluasi diri dalam mengajar sehingga terbentuk tenaga pendidik yang profesional. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Linda Liestiani, Linda Liestiani (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DI SMP N 1 MUNTILAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/51183/1/LAPORAN%20PPL%20LINDA%20LIESTIANI%20%2813202241042%29%20BHS.INGGRIS.pdf