TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar mata kuliah kelompok perkoperasian terhadap minat menjadi anggota koperasi pada mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel adalah 80 mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi yang diambil dengan teknik sampling purposive. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik analisis menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan prestasi belajar mata kuliah perkoperasian terhadap minat mahasiswa menjadi anggota koperasi. Hasil ini dibuktikan dengan koefisen garis yang bernilai positif dengan nilai t hitung sebesar 2,480 dengan sig. = 0,015. Oleh karena nilai sig. < 0,05 maka Ho (?= 0) ditolak yang artinya prestasi belajar mata kuliah kelompok perkoperasian berpengaruh positif terhadap minat menjadi anggota koperasi. Sementara dari hasil pengujian koefisien determinasi ditemukan F hitung sebesar 6,149 dengan sig. = 0,015. Oleh karena nilai sig. < 0,05 maka Ho (?= 0) ditolak yang artinya prestasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat menjadi anggota koperasi. R^2 = 0,073 yang berarti kontribusi prestasi belajar mata kuliah kelompok perkoperasian terhadap minat menjadi anggota koperasi adalah sebesar 7,3%; sisanya sebesar 92,7% berasal dari variabel lain. Kata kunci: Prestasi Belajar, Mata Kuliah Kelompok Perkoperasian, Minat Menjadi Anggota Y1 - 2017/06/22/ PB - Fakultas Ekonomi A1 - Furqonik, Nisa M1 - skripsi ID - UNY51087 TI - PENGARUH PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH KELOMPOK PERKOPERASIAN TERHADAP MINAT MENJADI ANGGOTA KOPERASI PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/51087/ ER -