@phdthesis{UNY51069,
            year = {2017},
          school = {Fakultas Ilmu Keolahragaan},
           title = {TANGGAPAN GURU PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP
KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR
SE-KECAMATAN KEBONARUM
KABUPATEN KLATEN},
          author = {Amri Amirul Khakim},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/51069/},
        keywords = {:Tanggapan,Guru Pedidikan Jasmani, Kurikulum 2013},
        abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perubahan kurikulum Tahun 2006
menjadi kurikulum baru yaitu kurikulum 2013. Dengan perubahan kurikulum ini
pastinya terjadi perubahan dalam proses penyampaian materi pembelajaran yang
dilakukan oleh guru. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa
positif tanggapan guru pendidikan jasmani terhadap kurikulum 2013 di Sekolah
Dasar se-Kecamatan Kebonarum Kabupaten Klaten.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan
menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini guru pendidikan
jasmani di sekolah dasar se-Kecamatan Kebonarum Kabupaten Klaten yang
berjumlah 14 guru. Penelitian dilakukan pada tanggal 27 oktober 2016 sampai 5
juni 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas
instrumen menggunakan rumus korelasi product moment, dan uji reliabilitas
instrumen menggunakan teknik Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu teknik statistik deskriptif dengan persentase.
Berdasarkan dari penelitian dan pembahasan diperoleh hasil, kategori sangat
positif sebanyak 0 guru (0\%), kategori positif sebanyak 6 guru (42,48\%), kategori
sedang sebanyak 5 guru (35,71\%), kategori kurang positif sebanyak 2 guru
(14,28\%), kategori sangat kurang positif sebanyak 1 guru (7,14\%). Dari hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa tanggapan guru pendidikan jasmani terhadap
kurikulum 2013 di sekolah dasar se-Kecamatan Kebonarum Kabupaten Klaten
termasuk dalam kategori positif dengan persentase terbanyak sebesar 42,85\%
berjumlah 6 guru.}
}