%0 Thesis %9 S1 %A Panji Pradana, Rama Yoga %A Subagyo Irianto, %B Pendidikan Kepelatihan Olahraga %D 2017 %F UNY:51044 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K latihan, metode, menggiring bola %T PENGARUH MODEL LATIHAN KOMBINASI DENGAN PENDEKATAN BAGIAN DAN KESELURUHAN DALAM SATU SIKLUS ATAU SATU PERIODE LATIHAN TERHADAP KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA SISWA SSB CAKAR MAS BERBAH USIA 11-13 TAHUN %U http://eprints.uny.ac.id/51044/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa sekolah sepakbola (SSB) Cakar Mas Berbah Usia 11-13 Tahun dalam hal keterampilan menggiring bola masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model latihan kombinasi dengan pendekatan bagian dan keseluruhan dalam satu siklus atau satu periode latihan terhadap keterampilan menggiring bola siswa SSB Cakar Mas Berbah usia 11-13 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa SSB Cakar Mas Berbah sebanyak 62 orang. Teknik Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa SSB Cakar Mas Berbah usia 11-13 tahun sebanyak 20 orang yang kemudian dibagi menjadi kelompok A dan kelompok B menggunakan ordinal pairing berdasarkan hasil pretest sehingga jumlah masing-masing kelompok adalah 10 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes menggiring bola Bobby Charlton. Teknik analisis yang dilakukan adalah analisis uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan latihan dengan model latihan kombinasi dengan pendekatan bagian dan keseluruhan dalam satu siklus atau satu periode latihan terhadap keterampilan menggiring bola siswa SSB Cakar Mas Berbah Usia 11-13 Tahun. Apabila dilihat dari angka Mean Difference sebesar 1,541 hal ini menunjukkan bahwa latihan yang dilakukan mampu memberikan perubahan yang lebih baik 65.97% untuk keterampilan menggiring bola dibandingkan sebelum diberikan latihan.