TY - RPRT PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta A1 - GIGIH SATRIA, GIGIH SATRIA N2 - Pada tanggal 15 Juli ? 15 September 2016 Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta telah dilaksanakan yang berlokasi di SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN. Tujuan diadakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman yang nyata tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 2 mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi dan 3 mahasiswa Program Studi Administrasi Perkantoran, Kegiatan PPL yang telah dilaksanakan meliputi praktek mengajar, membuat tulisan baner, membuat lapangan voli, pembuatan soal evaluasi, pembuatan media dan pembuatan RPP serta kegiatan lainnya. Pada tanggal 25 Febuari 2016 telah diterjunkan di SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN yang dihadiri Dosen Pembimbing Lpangan, Guru Perwakilan Sekolah dan 6 mahasiswa, namun salah satu mahasiswa PPL tidak bisa mengikuti PPL dikarenakan ada masalah mata kuliah yang berjaitan dengan PPL yang tidak lulus. Praktik mengajar dimulai daritanggal 18 Julisampaidengan 15 September 2016. Pokok bahasan untuk kelas X matapelajaran Olahraga yang diajarkan yaitu teknik-teknik dasar seperti bola voli, sepak bola, permainan modifikasi kasti, cabang-cabang atletik. Untuk Kelas XI matapelajaran Olahraga yaitu sudah memasuki taktik-taktik yang baik dan rumit, semua taktik di ajarkan dan menemukan keahlian perindividu.untuk kelas XII yaitu sudah memasuki kepermainan yang sebenarnya dengan peraturan yang standar. Yang di ajarkan yaitu tentang strategi menyerang dan bertahan. Metode yang di gunakan metode scientific dengan model pembelajaran teaching game for understanding/ TGFU. Adapun hambatan-hambatan yang ditemui dalam pelaksanaan PPL. Hambatan yang ditemui mahasiswa dalam melaksanakan PPL adalah: 1. Dari mahasiswa, kurangnya sumber untuk menyampaikkan teori dari siswa karena hanya sumber di internet dan beberapa buku, 2. Karena ditekankan siswa aktif dalam proses belajar mengajar maka untuk membuat semua siswa aktif sangat sulit hanya beberapa yang aktif, 3. Kurangnya sarana dan prasarana. Secara umum, program-program dan kegiatan lain yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Selain adanya hambatan pastinya ada pendukung dalam pelaksanaan PPL, diantaranya 1. Mudahnya untuk merangkul atau mengambil hati siswa agar patuh terhadap mahasiswa PPL dalam mengajar. 2. Banyak siswa yang semangat dalam mengikuti pelajarn sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan. Y1 - 2016/// UR - http://eprints.uny.ac.id/51031/ TI - LAPORAN KEGIATAN PPL PERIODE 2016 DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN AV - public KW - Kata kunci : PPL KW - SMK muhamadiyah 2 muntilan M1 - project_report ID - UNY51031 ER -