%A Yosi Giyaningsih %A Marsigit Marsigit %I UNY %T PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOMETRI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN SETING PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SMP KELAS VII %D 2017 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran geometri berupa RPP dan LKS melalui pembelajaran kontekstual dengan seting pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) pada materi segiempat dan segitiga untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa SMP kelas VII. Kualitas produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model ADDIE, yaitu Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluate (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Muntilan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, dan tes kemampuan penalaran untuk mengukur keefektifan. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan persentase RPP yaitu 100% untuk aspek komponen RPP dan skor rata-rata 4,46 dari skor maksimal 5,00 untuk aspek lain dengan kriteria sangat baik serta skor rata-rata LKS yaitu 4,5 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik. Kualitas kepraktisan memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor ratarata angket respon siswa 3,6 dari maksimal 5,00 dengan kriteria baik dan persentase lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran yaitu 91% dengan kriteria sangat baik. Kualitas keefektifan memenuhi kriteria efektif berdasarkan hasil pretest dan posttest dengan peningkatan persentase ketuntasan dari 6% menjadi 67% dengan kriteria baik. Kata kunci: Perangkat pembelajaran, Kontekstual, Number Head Together, Kemampuan penalaran %L UNY51029