eprintid: 51027 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/10/27 datestamp: 2017-07-25 00:45:40 lastmod: 2019-10-01 11:35:03 status_changed: 2017-07-25 00:45:40 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: EKA BUDI RAHAYU, EKA BUDI RAHAYU title: LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PPL PERIODE 2016 DI SMK MUHAMADIYAH 2 MUNTILAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kata kunci :Praktek Pengalaman Lapangan(PPL, UNY 2016/2017 abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang berlokasi di SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN telah dilaksana kan pada tanggal 15 Juli 2016-15 September 2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 3 mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran ,dan 2 mahasiswa Program Studi PJKR. Tujuan diadakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman yang nyata tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional. Kegiatan PPL yang telah di laksanakan meliputi praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, pembuatan media dan pembuatan RPP serta kegiatan lainnya. Praktik mengajar dimulai dari tanggal 26 Juli 2016 sampai dengan 13 September 2016, Pokok bahasan untuk kelas X ADP untuk mata pelajaran Mengikuti Prosedur Keamanan Keselematan dan kesehatan kerja (K3) yang diajarkan meliputiUndang – Undang tentang K3. Sedangkan pokok bahasan Untuk kelas XI ADP meliputi Pengertian Dokumen dan Dokumentasi, Definisi warkat, arsip, dan jenis dokumen, Jenis – Jenis Arsip, Undang – Undang tentang Kearsipan, Kegunaan dan Fungsi Arsip, Kedudukan Kearsipan dalam suatu Organisasi/Instansi, Arsiparis. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, tanya jawab,diskusi, Media yang digunakan adalah buku tentang materi, laptop, LCD, dan papan tulis. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan baik. Hambatan yang ditemui mahasiswa dalam melaksanakan PPL adalah: 1. Dari mahasiswa, kurangnya sumber untuk menyampaikkan teori dari siswa karna hanya sumber di internet dan beberapa buku, 2. Karna ditekankan siswa aktif dalam proses belajar mengajar maka untuk membuat semua siswa aktif sangat sulit hanya beberapa yang aktif dalam kelas.. Secara umum, program-program dan kegiatan lain yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Tetapi hal tersebut dapat di atasi dengan adanya bantuan dari berbagai pihak. Mahasiswa berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi yang membutuh kan sebagai referensi. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: EKA BUDI RAHAYU, EKA BUDI RAHAYU (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PPL PERIODE 2016 DI SMK MUHAMADIYAH 2 MUNTILAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/51027/1/EKA%20BUDI%20RAHAYU%2014802247002%20SMK%20MUHAMMADIYAH%202%20MUNTILAN.pdf