%0 Thesis %9 S3 %A Utari, Sri %B Program Pascasarjana %D 2017 %F UNY:50997 %I UNY %K model evaluasi, pembelajaran biologi, SMA %T Model Evaluasi Pembelajaran Biologi di SMA (Epabima) %U http://eprints.uny.ac.id/50997/ %X Tujuan penelitian ini adalah membangun sebuah model evaluasi pembelajaran yang cocok untuk mengetahui efektivitas program pembelajaran biologi di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan empat tahapan pengembangan yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) pengembangan produk, (3) uji coba produk dan revisi model, dan (4) implementasi. Model evaluasi yang dikembangkan merupakan modifikasi dari pendekatan logic model. Uji coba produk dilakukan di tiga SMA di kota Yogyakarta. Implementasi dilakukan di 16 SMA Kota Yogyakarta dengan subjek guru dan peserta didik kelas XII. Data diperoleh dari guru dan peserta didik dengan cara mengisi kuesioner, observasi dan wawancara. Konstruk instrumen diuji dengan analisis faktor eksploratori. Validitas konstruk dan uji kecocokan model pengukuran menggunakan analisis faktor konfirmatori dengan program LISREL 8.70. Efektivitas program pembelajaran diketahui dari data kuesioner peserta didik dengan pengkategorian sangat baik, baik, cukup dan kurang. Hasil pengembangan produk berupa model konseptual evaluasi program pembelajaran biologi di SMA dan instrumen evaluasi yang terbukti valid dan reliabel. Instrumen evaluasi terdiri dari instrumen evaluasi kinerja guru, evaluasi kinerja peserta didik, evaluasi iklim kelas dan evaluasi sikap ilmiah telah memenuhi syarat validitas konstruk karena berkisar antara 0,43 – 0,79. Reliabilitas model pengukuran tergolong baik dan dapat diterima (nilai CR berkisar 0,88 s.d 0,94). Uji kecocokan model menunjukkan bahwa model teoritis didukung oleh data empiris. Kinerja guru, kinerja peserta didik dan iklim kelas merupakan bagian langsung dari proses pembelajaran. Instrumen evaluasi kinerja guru memiliki p-value 0,054 dan RMSEA 0,026. Instrumen evaluasi kinerja peserta didik memiliki p-value 0,067 dan, RMSEA 0,03. Instrumen evaluasi iklim kelas memiliki p-value 0,082 dan, RMSEA 0,042. Sikap ilmiah merupakan bagian langsung dari hasil pembelajaran. Instrumen evaluasi sikap ilmiah memiliki p-value 0,092 dan RMSEA 0,023. Sumbangan proses pembelajaran terhadap hasil pembelajaran sebesar 26,01%. Tingkat efektivitas proses pembelajaran dalam kategori baik. Outputs pembelajaran 31,25 % dalam kategori baik, 43,75% dalam kategori cukup dan 25 % dalam kategori kurang. Outcomes pembelajaran dalam kategori baik.