TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/50951/ AV - restricted TI - EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BLORA PADA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR M1 - skripsi ID - UNY50951 A1 - Sangara, Listya A1 - Lestari, Himmawati Puji PB - UNY N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik berbasis problem based learning terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Blora. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Blora. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VIII A yang diberikan pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis problem based learning sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B yang diberikan pembelajaran dengan pendekatan saintifik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur prestasi belajar siswa yang terdiri dari soal pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik berbasis problem based learning efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa kelas VIII SMP, 2) pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa kelas VIII SMP, 3) pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik berbasis problem based learning tidak lebih efektif dibandingkan pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik ditinjau dari prestasi belajar siswa kelas VIII SMP. Kata kunci : pembelajaran saintifik, pembelajaran problem based learning, prestasi belajar. Y1 - 2017/01/26/ ER -