eprintid: 5094 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 93 dir: disk0/00/00/50/94 datestamp: 2012-09-05 16:29:44 lastmod: 2012-09-05 16:29:44 status_changed: 2012-09-05 12:42:15 type: article metadata_visibility: show creators_name: Suwardi, - title: PENDEKATANSOSIOPRAGMATIK DALAM ENGAJARANAPRESIASI PUISI JAWA J ispublished: pub subjects: perpus divisions: upt_perpus full_text_status: public abstract: P ngajaran puisi Jawa pada umumnya masih menerapkan pende tan tradisional. Pendekatan ini bersifat teoritis dan meneka kan hafalan yang bersifat informatif. Penerapan pende tan ini kadang-kadang kurang mengakrabkan siswa terhad. puisi Jawa. Oleh karena itu, perlu diketengahkan pende tan lain, yakni pendekatan sosiopragmatik. Pendekatan sosiopr kmatik adalah sajian yang mencoba megungkapkan apa saja y ng tercermin dalam puisi sehingga anak didik dapat meman atkan dalam kehidupan. P ndekatan sosiopragmatik dalam pengajaran apresiasi puisi J. wa adalah sajian yang menekankan aspek fungsi sosio yang t pantul dalam puisi. Melalui pendekatan ini anak didik diharap n dapat memetik fungsi sosiopragmatik, yakni keinda n, kenikmatan, ajaran dan gelora puisi Jawa. Dengan demikia, anak didik akan memahami, menghayati, dan mengha 'gaipuisi Jawa sebagai cermin kehidupan sosial. P ndekatan sosiopragmatik akan berhasil, jika tujuan, pilih4n bahan, metoda, penyajian, dan evaluasi diarahkan kepend. tan tersebut. Pemilihan bahan sebaiknya mempe .mbangkanpuisi yang bernilai baik. Penggunaan metoda sebaikn a diarahkan agar anak didik lebih aktif dalam diskusi. Penyaji n dapat di/akukan melalui tahappelacakan pendahuluan, penentu n sikap praktis, pengantar, penyajian, diskusi , dan pengu han. Sedangkan evaluasi heridaknya secara esaidan diarahk n ke pendekatan sosiopragmatik date_type: published publication: - refereed: TRUE citation: Suwardi, - PENDEKATANSOSIOPRAGMATIK DALAM ENGAJARANAPRESIASI PUISI JAWA J. -. document_url: http://eprints.uny.ac.id/5094/1/Pendekatan_Sosiopragmatik_Dalam_Pcngajaran.pdf