@article{UNY5094, author = {- Suwardi}, title = {PENDEKATANSOSIOPRAGMATIK DALAM ENGAJARANAPRESIASI PUISI JAWA J}, journal = {-}, abstract = {P ngajaran puisi Jawa pada umumnya masih menerapkan pende tan tradisional. Pendekatan ini bersifat teoritis dan meneka kan hafalan yang bersifat informatif. Penerapan pende tan ini kadang-kadang kurang mengakrabkan siswa terhad. puisi Jawa. Oleh karena itu, perlu diketengahkan pende tan lain, yakni pendekatan sosiopragmatik. Pendekatan sosiopr kmatik adalah sajian yang mencoba megungkapkan apa saja y ng tercermin dalam puisi sehingga anak didik dapat meman atkan dalam kehidupan. P ndekatan sosiopragmatik dalam pengajaran apresiasi puisi J. wa adalah sajian yang menekankan aspek fungsi sosio yang t pantul dalam puisi. Melalui pendekatan ini anak didik diharap n dapat memetik fungsi sosiopragmatik, yakni keinda n, kenikmatan, ajaran dan gelora puisi Jawa. Dengan demikia, anak didik akan memahami, menghayati, dan mengha 'gaipuisi Jawa sebagai cermin kehidupan sosial. P ndekatan sosiopragmatik akan berhasil, jika tujuan, pilih4n bahan, metoda, penyajian, dan evaluasi diarahkan kepend. tan tersebut. Pemilihan bahan sebaiknya mempe .mbangkanpuisi yang bernilai baik. Penggunaan metoda sebaikn a diarahkan agar anak didik lebih aktif dalam diskusi. Penyaji n dapat di/akukan melalui tahappelacakan pendahuluan, penentu n sikap praktis, pengantar, penyajian, diskusi , dan pengu han. Sedangkan evaluasi heridaknya secara esaidan diarahk n ke pendekatan sosiopragmatik}, url = {http://eprints.uny.ac.id/5094/} }