TY - RPRT M1 - project_report AV - public A1 - Isnaeni Arum Kurniawati, Isnaeni Arum Kurniawati N2 - Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diberikan dan menjadi mata kuliah wajib bagi mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. Sasaran dari program PPL adalah kegiatan pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran yang ada di sekolah. PPL ini dilaksanakan pada semester khusus tahun 2016, dari bulan Juli sampai dengan September. Salah satu sekolah yang ditunjuk sebagai lokasi PPL pada tahun 2016 adalah SD Negeri Gembongan. PPL bertujuan untuk melatih keterampilan sisiw dalam mengembangkan kompetensi keguruannya. Selain itu, kegiatan PPL memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal dan memepelajari berbagai macam permasalahan sekolah dan lembaga yang terkait dengan penyelenggaraan sekolahan. Pelaksanaan PPL adalah sejak tanggal 18 Juli sampai dengan 17 September 2016. Kegiatan PPL diawali dengan penyerahan mahasiswa dari dosen kepada pihak sekolah. Kemudian dilakukan observasi terlebih dahulu untuk melihat kondisi baik fisik maupun non fisik yang ada di sekolahan. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL kemudian adalah mengajar di kelas selama 2 bulan. Praktik mengajar oleh mahasiswa terbagi menjadi dua program mengajar, yaitu mengajar terbimbing dan mengajar mandiri. Mengajar terbagi menjadi mengajar di kelas tinggi dan kelas rendah. Selain praktik mengajar mahasiswa juga berkesempatan untuk melaksanakan program administrasi sekolah Kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi sebagai guru dan sarana bagai mahasiswa untuk menimba ilmu secara langsung di sekolahan. Kegiatan ini juga dapat menjadi tempat dalam mahasiswa menerapkan ilmu yang telah di dapatkan secara langsung dengan proses belajar mengajar di skeolah. TI - LAPORAN PPL/MAGANG III INDIVIDU DI SD NEGERI GEMBONGAN PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta KW - Kata Kunci: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) KW - SD N Gembongan KW - UNY UR - http://eprints.uny.ac.id/50917/ Y1 - 2016/// ID - UNY50917 ER -