%0 Thesis %9 S1 %A Tahalli, Ahmad %B Pendidikan Teknik Informatika %D 2017 %F UNY:50853 %I Fakultas Teknik %K aplikasi IAR, research and development, waterfall, ISO 25010 %T PENGEMBANGAN APLIKASI IAR (IQRA’ AUGMENTED REALITY) BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA BELAJAR MAKHORIJUL HURUF HIJAIYAH PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 1 MAGELANG %U http://eprints.uny.ac.id/50853/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan aplikasi IAR (Iqra‟ Augmented Reality) Berbasis Android sebagai media belajar Makhorijul Huruf hijaiyah pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Magelang, dan (2) mengetahui tingkat kelayakan aplikasi IAR (Iqra‟ Augmented Reality) berdasarkan aspek functional suitability, compatibility, usability dan performance efficiency (ISO 25010). Desain penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) serta prosedur yang digunakan dalam proses pengembangan aplikasi IAR (Iqra‟ Augmented Reality) menggunakan prosedur pengembangan air terjun (waterfall) dengan melalui tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian. Pengujian pengembangan yang dilakukan meliputi pengujian aspek functional suitability, compatibility, usability dan performance efficiency. Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui sebagai berikut. (1) Aplikasi IAR (Iqra‟ Augmented Reality) berupa aplikasi android yang memiliki fitur Kamera pendeteksi Huruf Hijaiyah, Materi Makhorijul Huruf dan Petunjuk Penggunaan aplikasi. Aplikasi ini dalam pengembangannya menggunakan teknologi augmented reality. (2) Aplikasi telah memenuhi standar kualitas ISO 25010. Pada aspek functional suitability, aplikasi ini mendapatkan persentase sebesar 100% sesuai standar kualitas yang telah ditentukan oleh AQuA. Pada aspek compatibility mendapatkan nilai persentase sebesar 100%. Pada aspek usability mendapatkan nilai persentase sebesar 81,6% dengan kategori “sangat layak”. Pada aspek performance efficiency diperoleh rata-rata waktu respon 1,3051 detik dengan kategori “sangat puas”.