eprintid: 50840
rev_number: 16
eprint_status: archive
userid: 9
dir: disk0/00/05/08/40
datestamp: 2017-07-24 01:38:42
lastmod: 2019-01-30 14:32:18
status_changed: 2017-07-24 01:38:42
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Azizah, Nida’ Nur
creators_name: Binatari, Nikenasih
title: ANALISIS SISTEM ANTREAN PADA PELAYANAN TELLER
DI PT BANK BPD DIY KANTOR CABANG SLEMAN
ispublished: pub
subjects: F4
divisions: fmipa_jurdik_math_math
full_text_status: restricted
abstract: PT Bank BPD DIY Kantor Cabang Sleman merupakan salah satu bank pembangunan milik swasta di Yogyakarta dimana sebagian besar sahamnya dimiliki oleh pemerintah propinsi. Sebagian besar transaksi pemerintah propinsi dan dinas dibawahnya yang menggunakan bantuan perbankan menggunakan bantuan dari PT Bank BPD DIY. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang menjadi nasabah di PT Bank BPD DIY Kantor Cabang Sleman. Pada pelayaan teller nasabah primer terjadi penumpukan nasabah karena terdapat working vacation. Hal ini disebabkan karena waktu pelayanan tidak sebanding dengan kedatangan nasabah. Tujuan penelitian skripsi ini yaitu memberikan gambaran model antrean dan menentukan ukuran keefektifan.
Pada penelitian skripsi ini data yang dianalisis yaitu data hari sibuk yaitu Jumat 30 Desember 2016, Sabtu 31 Desember 2016, dan Rabu 4 Januari 2017 pukul 07.30 sampai 12.00 WIB. Hari tersebut dipilih karena dalam satu bulan dibagi menjadi 3 periode yaitu 3 hari awal bulan dengan 4 server, pada tanggal 25-27 dengan 3 server, dan 2 server selain tanggal tersebut. Pengambilan data dilakukan dengan dua metode yaitu wawancara dan observasi. Data kedatangan dan pelayanan yang diperoleh kemudian dikelompokkan per 10 menit. Selanjutnya diuji distribusi Poisson, pemeriksaan steady state, menentukan model antrean, dan menghitung ukuran keefektifan. Ukuran keefektifan antrean dapat dihitung menggunakan model (M/M/c):(FCFS/∞/∞) dengan Multiple Asynchronous Vacation (MV, AS) karena terdapat vacation dalam pelayanan nasabah.
Berdasarkan hasil analisis sistem antrean multiserver dengan vacation terlihat jumlah nasabah dalam sistem lebih besar dan waktu menunggu nasabah dalam sistem menjadi lebih lama. Dibandingkan dengan hasil analisis sistem antrean dengan mengabaikan adanya vacation dapat dilihat bahwa waktu dan jumlah nasabah lebih kecil nilainya. Sehingga dengan menambah server khusus menangani vacation akan lebih efektif dalam melayani nasabah.
Kata kunci: (M/M/c): (FCFS/∞/∞), Multiple Asynchronous Vacation
date: 2017-04-18
date_type: published
institution: UNY
department: Jurusan Pendidikan Matematika
thesis_type: skripsi
citation:   Azizah, Nida’ Nur and Binatari, Nikenasih  (2017) ANALISIS SISTEM ANTREAN PADA PELAYANAN TELLER DI PT BANK BPD DIY KANTOR CABANG SLEMAN.  S1 thesis, UNY.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/50840/1/BAB%20I.pdf
document_url: http://eprints.uny.ac.id/50840/2/BAB%20II.pdf
document_url: http://eprints.uny.ac.id/50840/3/BAB%20III.pdf
document_url: http://eprints.uny.ac.id/50840/4/BAB%20IV.pdf
document_url: http://eprints.uny.ac.id/50840/5/BAB%20V.pdf
document_url: http://eprints.uny.ac.id/50840/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
document_url: http://eprints.uny.ac.id/50840/7/HALAMAN%20SAMPUL.pdf
document_url: http://eprints.uny.ac.id/50840/8/LAMPIRAN.pdf