%0 Thesis %9 S1 %A Saputri, Dewi %A Retnawati, Heri %B Jurusan Pendidikan Matematika %D 2017 %F UNY:50838 %I UNY %T PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SAINTIFIK DENGAN SETTING PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN JIGSAW DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VII %U http://eprints.uny.ac.id/50838/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui efektivitas pembelajaran saintifik dengan setting pembelajaran kooperatif STAD ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa, (2) mengetahui efektivitas pembelajaran saintifik dengan setting pembelajaran kooperatif Jigsaw ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa, dan (3) mengetahui manakah yang lebih efektif antara pembelajaran saintifik dengan setting pembelajaran kooperatif STAD dan pembelajaran saintifik dengan setting pembelajaran kooperatif Jigsaw ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian the nonequivalent pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Mlati sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelompok eksperimen 1 dan kelas VII B sebagai kelompok eksperimen 2 yang dipilih secara acak. Kelompok eksperimen 1 diberikan perlakuan pembelajaran saintifik dengan setting pembelajaran kooperatif STAD dan kelompok eksperimen 2 diberikan perlakuan pembelajaran saintifik dengan setting pembelajaran kooperatif Jigsaw. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar matematika siswa dan instrumen non tes berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data dianalisis menggunakan one sample t-test dan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran saintifik dengan setting pembelajaran kooperatif STAD efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa, (2) pembelajaran saintifik dengan setting pembelajaran kooperatif Jigsaw efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa, dan (3) pembelajaran saintifik dengan setting pembelajaran kooperatif STAD tidak lebih efektif dari pembelajaran saintifik dengan setting pembelajaran kooperatif Jigsaw. Kata kunci: pembelajaran saintifik, pembelajaran kooperatif, STAD, Jigsaw, prestasi