TY - UNPB ID - UNY50814 KW - ular tangga KW - bingo KW - motivasi KW - dan hasil belajar Y1 - 2017/06/22/ AV - public A1 - Kurniasari, Yuni Rakhman PB - UNY TI - Pengaruh Media Permainan Ular Tangga dan Bingo terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Mutihan. M1 - tesis N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan media permainan ular tangga dan bingo terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Muhammadiyah Mutihan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-experimental research) dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah Mutihan. Tiga kelas ditentukan secara acak untuk dijadikan sampel dalam menerapkan media permainan ular tangga, media permainan bingo, dan media gambar. Sampel yang diperoleh adalah siswa kelas IVC yang menerapkan media permainan ular tangga dengan siswa sebanyak 29 siswa. Kelas IVA yang menerapkan media permainan bingo. Kedua kelas ini masing-masing mempunyai siswa sebanyak 28 siswa di kelas IVC dan 29 siswa di kelas IVA (n1 =28 dan n2 = 29) dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol mengunakan media gambar berjumlah 29 siswa (n=29). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data motivasi belajar adalah angket motivasi dan data hasil belajar digunakan tes. Data instrumen motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada matematika dianalisis dengan menggunakan analisis statistik inferensial uji independent sample F test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran matematika berbantu media permainan ular tangga dan bingo lebih berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran matematika berbantu media gambar, dengan p = 0,00. 2) Pembelajaran matematika berbantu media permainan ular tangga dan bingo lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran matematika berbantu media gambar, dengan p = 0,00. UR - http://eprints.uny.ac.id/50814/ ER -