%L UNY50739 %A Abdul Hadi %X Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karier Siswa SMK N 1 Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah control group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa SMK N 1 Klaten tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini kelompok eksperimen diberikan metode mind mapping sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode ceramah. Pengumpulan data menggunakan skala kemampuan perencanaan karier untuk mengukur tingkat kemampuan perencanaan karier siswa. Uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Data diolah menggunakan analisis two way annova pada (p) = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode mind mapping dalam meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa SMK N 1 Klaten lebih efektif jika dibandingkan dengan metode ceramah. Hal ini di tunjukkan dengan nilai sig. (p) sebesar 0,001 lebih kecil 0,05 ( 0,001 < 0,05 ). Selisih rata-rata skor pretest-postest kelompok eksperimen 25,6 lebih besar daripada selisih skor kelompok kontrol yaitu 2,7 (25,6 > 2,7). Rata-rata gain score kelompok eksperimen sebesar 0,30. Skor tersebut tergolong dalam kategori sedang, sedangkan rata-rata gain score kelompok kontrol sebesar 0,03 tergolong dalam kategori rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Metode mind mapping efektif dalam meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa SMK N 1 Klaten. Peningkatan tersebut terjadi pada indikator informasi tentang diri sendiri, informasi tentang keadaan keluarga dan informasi tentang lingkungan hidup yang relevan bagi perencanaan karier %K Mind mapping, perencanaan karier %T Efektivitas Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karier Siswa SMK N 1 Klaten. %D 2017 %I UNY