eprintid: 50687 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/06/87 datestamp: 2017-07-12 02:08:43 lastmod: 2019-10-01 11:38:05 status_changed: 2017-07-12 02:08:43 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: NURUL ASHARI, NURUL ASHARI title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD NEGERI JLABAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, SDN Jlaban, UNY abstract: Praktik pengalaman lapangan (PPL) adalah Salah satu mata kuliah yang wajib diikuti mahasiswa kependidikan. Tujuan dari PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa di bidang pembelajaran maupun administrasi sekolah. Kegiatan adminisitrasi sekolah meliputi pembuatan administrasi kelas seperti inventarisasi data kelas, rekapitulasi data siswa baru, dan cap 3 jari. Sebelum melaksanakan kegiatan PPL, terlebih dahulu mahasisawanya melaksanakan observasi sekolah baik lingkungan, sarana prasarana , maupun kegiatan pembelajaran, menonton video AVA, microteaching, serta real pupil. Kegiatan observasi dilaksanakan pada tanggal 9 April 2016, dan Pelaksanaan PPL dilaksanakan sejak tanggal 18 juli sampai dengan15 september 2016. Kegiatan mahasiswa meliputi 4 kali praktik terbimbing, 4 kali praktik mandiri, dan 2 kali ujian. Selain praktik mengajar mahasiswa juga berkesempatan untuk melaksankan program adminisitrasi sebagai bekal kelak ketika menjadi guru. Pelaksanakan kegiatan PPL, merupakan saran bagi mahasiswa untuk belajar dan menimba ilmu di sekolah untuk menjadi guru profesional. Kegiatan ini juga diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang menarik dan inovatif sehingga menciptakan pembelajaran efektif. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: NURUL ASHARI, NURUL ASHARI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD NEGERI JLABAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/50687/1/NURUL%20AZHARI.pdf