TY - THES PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan A1 - Dwi Susilo, Andhi N2 - Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kecamatan Dlingo Bantul Yogyakarta masih bertumpu dan bergantung pada satu guru pemandu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam menunjang kompetensi guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kecamatan Dlingo Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa angket tertutup sebanyak 30 butir. Hasil uji coba seluruh butir adalah valid, koefisien korelasi semua item/ butir dengan skor total di peroleh hasil keseluruhan di atas ?0,3?; angket juga reliabel karena pengujian ke efisien reliabilitas instrumen hasilnya di atas ke efisien reliabilitas minimal (0,71 > 0,6). Teknik pengumpulan data dengan memberikan angket secara langsung kepada guru pendidikan jasmani SD Negeri se-Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya hasil peran kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam menunjang kompetensi guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kecamatan Dlingo Bantul Yogyakarta, untuk kategori ?baik sekali? sebesar 9,10 %; kategori ?baik? sebesar 22,73 %; kategori ?sedang? sebesar 27,27 %; kategori ?kurang? sebesar 36,36 %; dan kategori ?kurang sekali? sebesar 4,54 %. Y1 - 2017/// UR - http://eprints.uny.ac.id/50669/ AV - public KW - Peran KKG KW - Kompetensi KW - Guru Penjas KW - Sekolah Dasar TI - PERAN KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DALAM MENUNJANG KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN JASMAN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN DLINGO BANTUL YOGYAKARTA ID - UNY50669 M1 - skripsi ER -