TY - RPRT Y1 - 2016/// PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta ID - UNY50662 TI - LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KULON PROGO M1 - project_report AV - public A1 - Diyah Lestari, Diyah Lestari N2 - Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bentuk pengabdian perguruan tinggi kepada instansi pemerintah maupun sekolah-sekolah formal melalui peran mahasiswa yang terjun langsung untuk mengabdi kepada masyarakat, dengan memberdayakan warga belajar maupun pihak lain seperti wali murid dan mengikuti kegiatan belajar mengajar di lapangan yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat dan warga belajar. Dengan adanya PPL, diharapkan akan memberi manfaat bagi masyarakat atau warga belajar dan dapat mengembangkan kreatifitas serta meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam belajar di tengah-tengah masyarakat dan warga belajar. Kegiatan PPL ini dilaksanakan di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kulon Progo. Penyusunan program PPL rencana kerja dimulai dari tahapan observasi wilayah instansi UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kulon Progo. Observasi dilakukan dengan metode wawancara, dan melihat langsung kondisi lapangan terkait dengan aktivitas kegiatan di SKB Kulon Progo. Berdasarkan hasil observasi tersebut, maka ditentukan program-program yang sesuai dengan kebutuhan seperti halnya pengembangan model dan evalausi program. Dalam praktiknya, mahasiswa PPL dituntut untuk dapat merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, serta mengembangkan program. Sedangkan untuk program mengajar tidak menjadi prioritas utama. a. Adapun hasil dari observasi tersebut, maka disusunlah suatu program utama yaitu Program Pengembangan Model Pembelajaran PAUD dan Evaluasi Menjahit. Sedangkan untuk program penunjang yaitu Pembuatan Digital Library SKB, Dengan diadakannya praktik pengalaman mengajar maka mahasiswa dapat melatih keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi program UR - http://eprints.uny.ac.id/50662/ ER -