@phdthesis{UNY50658, year = {2017}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, author = {Alfrendy Tatto}, title = {IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KEAKSARAAN DASAR DI PKBM PERSADA BANTUL}, month = {July}, url = {http://eprints.uny.ac.id/50658/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Kebijakan Pendidikan Keaksaraan Dasar di PKBM Persada Bantul. Deskripsi tersebut terkait dengan Pendidikan Keaksaraan Dasar antara lain perencanaan, langkah dan evaluasi, serta faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan Kebijakan Pendidikan Keaksaraan Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah ketua PKBM Persada, tutor keaksaraan dasar dan warga belajar pendidikan keaksaraan dasar, dengan objek penelitian implementasi Kebijakan Pendidikan Keaksaraan Dasar di PKBM Persada Bantul. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan model interaktif Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi/penarikan kesimpulan. Adapun validasi data yang menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik dan trianggulasi waktu. Penelitian ini menggunakan teori Edward untuk mengetahui implementasi kebijakan pendidikan keaksaraan dasar yang meliputi komunikaasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Hal tersebut merupakan variabel-variabel yang mempengaruhi keberhasilan dari suatu implementasi kebijakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Kebijakan Pendidikan Keaksaraan Dasar di PKBM Persada meliputi (1) komunikasi, meliputi adanya sosialisasi untuk mengajak warga masyarakat yang masih buta aksara untuk mengikuti pendidikan keaksaraan dasar, dan sosialisasi dari Dinas Pendidikan berupa memberikan pelatihan bagi tutor keaksaraan dasar; (2) Sumber daya manusia sudah mencukupi untuk Implementasi Kebijakan Pendidikan Keaksaraan Dasar, sumber daya sarana dan prasarana berupa meja belajar dan rak buku masih belum mencukupi untuk menunjang pelakasanaan pendidikan keaksaraan dasar, sumber daya finansial menggunakan APBD Daerah Istimewa Yogyakarta dan sebagian dari swasembada PKBM Persada; (3) Disposisi, adanya komitmen dan sikap positif dari pihak PKBM untuk terus mengimplemetasikan Kebijakan Pendidikan Keaksaraan Dasar; (4) Struktur birokrasi dalam megimplementasikan Kebijakan Pendidikan Keaksaraan Dasar dengan menjadikan pendidikan keaksaraan dasar sebagai salah satu program pendidikan non formal yang diselenggarakan di PKBM Persada. Faktor pendukungnya adalah adanya dukungan dari masyarakat setempat, perangkat desa dan dinas-dinas terkait, serta adanya bantuan dana dari APBD Daerah Istimewa Yogyakarta. Faktor penghambatnya adalah kurangnya sarana viii yang menunjang dalam pembelajaran seperti meja belajar, kursi dan rak buku dan kesibukan dari warga belajar yang sering bertabrakan dengan jadwal pembelajaran keaksaraan dasar. Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Pendidikan Keaksaraan Dasar, PKBM Persada.} }