eprintid: 50630 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/06/30 datestamp: 2017-07-10 08:48:25 lastmod: 2019-10-01 11:39:16 status_changed: 2017-07-10 08:48:25 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Rahayu Prihantina, Rahayu Prihantina title: LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI TK ABA BROSOT 1 ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kata Kunci: PPL, Pembelajaran. abstract: Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil dan ditempuh oleh mahasiswa program pendidikan dari setiap jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mencari pengalaman secara langsung. Penyelanggaraan kegiatan PPL ini dilaksanakan di sekolah atau lembaga yang sudah ditentukan untuk meningkatkan produktivitas tenaga pendidik, khususnya mahasiswa dalam segi kualitas. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan kurang lebih selama 2 bulan mulai dari tanggal 15 Juli 2016 - 15 September 2016. Sebelum kegiatan PPL ini dilaksanakan mahasiswa diwajibkan melakukan praktek pembelajaran mikro terlebih dahulu agar dapat mengasah kemampuan dalam mengajar. Sekolah tempat mahasiswa melakukan Praktek Pengalaman Lapangan adalah sekolah yang telah bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta khususnya dengan LPPMP UNY yaitu TK ABA BROSOT 1 yang terletak di daerah Klampok, Brosot, Galur, Kulonprogo. Tujuan dari kegiatan PPL ini adalah untuk memberikan pengalaman mengajar secara langsung kepada mahasiswa dan mengembangkan ilmu yang dimilikinya untuk dapat diterapkan dalam dunia kerja, selain itu kegiatan PPL juga bertujuan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh setiap mahasiswa. Sebelum kegiatan PPL dilaksanakan mahasiswa mendapatkan Rencana Kegiatan Mingguan kemudian mengembangkan kegiatan dan media serta kelengkapan lainnya dan menyusunnya ke dalam Rencana Kegiatan Harian (RKH). Dalam kegitan pembelajaran mahasiswa dipantau secara langsung oleh guru kelas kemudian dilakukan evaluasi yang diberikan oleh guru pun meningkatkan kompetensi mahasiswa baik dalam persiapan, mengajar, maupun penilaian terhadap peserta didik. Seluruh rangkaian kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik karena dukungan dan bimbingan serta kerjasama yang baik antara mahasiswa dan sekolah. Praktik PPL mahasiswa S1 PG-PAUD diharapkan mahasiswa mampu memberikan kontribusi perubahan baik dari sisi gaya mengajar, bahasa yang digunakan, sampai pada menentukan tujuan pembelajaran dengan pendekatan alternatif. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Rahayu Prihantina, Rahayu Prihantina (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI TK ABA BROSOT 1. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/50630/1/LAPORAN%20PPL%20RAHAYU.pdf