%0 Thesis %9 S1 %A Pratama, Krisna Raditya %B Pendidikan Kimia %D 2017 %F UNY:50627 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY %T Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X Semester 2 SMA Negeri 10 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 %U http://eprints.uny.ac.id/50627/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas X semester 2 SMA Negeri 10 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu two group post test only design dengan menggunakan dua sampel yaitu dua kelas X MIPA di SMAN 10 Yogyakarta sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol, serta satu kovariabel yaitu pengetahuan awal kimia yang berasal dari nilai murni ujian akhir semester (UAS) semester 1. Data penelitian meliputi data tes kognitif keterampilan proses sains, data observasi, dan data angket keterampilan proses sains. Untuk mengetahui perbedaan dilakukan uji anakova dengan taraf signifikansi α = 0,05. Sedangkan, data hasil observasi dan angket dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan proses sains peserta didik pada kelas yang menerapkan model pembelajaran discovery learning dan kelas yang menerapkan model pembelajaran direct instructional, apabila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik. Selain itu, penerapan model pembelajaran discovery learning efektif terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas X semester 2 SMAN 10 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017.