%0 Thesis %9 S1 %A Lise Widyaningrum, Erika %A Dr. Hadjar Pamadhi, MA (Hons), %B Universitas Negeri Yogyakarta %D 2017 %F UNY:50620 %I Pendidikan Seni Rupa FBS %T KONSEP KECANTIKAN WANITA DALAM LUKISAN I GUSTI NGURAH UDIANTARA %U http://eprints.uny.ac.id/50620/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan 1) Kecantikan wanita menurut I Gusti Ngurah Udiantara; 2) Karakteristik wanita dalam lukisan kolase kertas dengan objek wanita secara realis karya I Gusti Ngurah Udiantara; 3) Pesan I Gusti Ngurah Udiantara melalui karya lukisan kolase kertas dengan objek wanita secara realis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian diskriptif kualitatif mengenai masalah yang khusus (particular) yaitu studi kasus dengan motode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data berupa 10 dokumen lukisan kolase kertas dengan objek wanita secara realis karya I Gusti Ngurah Udiantara dan sumber lain seperti sumber buku, katalog pameran, dan ditriangulasikan dengan Bambang Witjaksono (kurator). Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Kecantikan wanita menurut I Gusti Ngurah Udiantara adalah kecantikan fisik dan kecantikan non fisik. Kecantikan fisik wanita yaitu keindahan yang bisa dinikmati orang lain melalui indra pengelihatan berdasarkan bentuk fisik wajah wanita. Kecantikan non fisik wanita yaitu kecantikan yang tidak dapat dilihat melalui indra pengelihatan namun bisa dirasakan oleh perasaan; 2) Karakteristik wanita dalam lukisan kolase kertas dengan objek wanita secara realis karya I Gusti Ngurah Udiantara adalah wajah (close up), menyipitkan mata, arah pandangan mata ke depan, berhidung mancung, bibir terbuka sampai terlihat gigi, dan berwajah tirus. Kecantikan fisik menurut Udiantara dapat dilihat melalui karakteristik wanita dalam lukisan; 3) Pesan I Gusti Ngurah Udiantara melalui karya lukisan kolase kertas dengan objek wanita secara realis agar wanita dapat mengkritisi tentang kecantikan zaman sekarang dan meningkatkan rasa percaya diri mereka sesuai bentuk fisik yang dimilikinya. Penilaian cantik zaman sekarang oleh wanita Indonesia mengacu kecantikan wanita Barat abad 20 akibat globalisasi kapitalisme di industri tren kecantikan yang juga di dominasi iklan produk Barat. Konsep kecantikan non fisik menurut Udantara juga terlihat pada pesan dalam lukisan.