?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F50508%2F&rft.title=LAPORAN+INDIVIDU%0D%0APRAKTIKPENGALAMANLAPANGAN(PPL)+LOKASI%0D%0ASMK+NEGERI+2+PENGASIH&rft.creator=Khairudin+Bahari%2C+Khairudin+Bahari&rft.subject=LPPMP&rft.description=Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+Universitas+Negeri+Yogyakarta+semester%0D%0Akhusus+2016+yang+berlokasi+di+SMK+Negeri+2+Pengasih+telah+dilaksanakan%0D%0Amulai+pada+tanggal+15+Juli+2016+sampai+dengan+15+September+2016.+Tujuan+utama+dari%0D%0Akegiatan+PPL+ini+adalah+untuk+melatih+mahasiswa+dalam+menerapkan+kemampuan+dan%0D%0Apengetahuan+yang+dimiliki+dalam+suatu+proses+pembelajaran+sesuai+dengan+bidang%0D%0Astudinya%2C+sehingga+mahasiswa+memiliki+pengalaman+yang+nyata+dan+dapat+dipakai%0D%0Asebagai+bekal+untuk+mengembangkan+potensi.%0D%0ASebelum+pelaksanaan+PPL+di+sekolah%2C+terlebih+dahulu+dilaksanakan+kegiatan%0D%0Aobservasi.+Observasi+ini+dilakukan+sebagai+tolak+ukur+dalam+perumusan+program+PPL%0D%0Ayang+akan+dilaksanakan%2C+mengetahui+kondisi+dan+situasi+kelas+pada+saat+proses%0D%0Apembelajaran+berlangsung%2C+mengetahui+karakter+siswa%2C+dan+mengetahui+proses%0D%0Apembelajaran+yang+dilakukan+oleh+guru.+Begitu+pula+dengan+kegiatan+konsultasi+atau%0D%0Abimbingan+dengan+guru+pembimbing+dilakukan+dalam+rangka+persiapan+pelaksanaan%0D%0APPL.+Selama+kegiatan+PPL%2C+praktikan+melakukan+praktik+mengajar+mandiri+dan%0D%0Aterbimbing+di+dua+kelas+Teknik+Instalasi+Pemanfaatan+Tenaga+Listrik+(TIPTL)%2C+yaitu%0D%0Akelas+XI+TIPTL+1+dan+kelas+XI+TIPTL+3+dengan+mata+pelajaran+Instalasi+Motor+Listrik.%0D%0APraktik+mengajar+dikelas+sebanyak+16+kali+tatap+muka.+Kegiatan+yang+dilakukan+selama%0D%0APPL+antara+lain%3A+persiapan+administrasi+mengajar%2C+praktik+mengajar%2C+dan+evaluasi+hasil%0D%0Abelajar.%0D%0AHasil+yang+diperoleh+dari+kegiatan+PPL+ini+adalah+pengalaman+nyata+baik+dalam%0D%0Abentuk+pengalaman+mengajar+maupun+tugas-tugas+lain+(pendampingan+ekstrakurikuler%0D%0Adan+administrasi+sekolah).+Pengalaman+yang+diperoleh+selama+PPL+adalah%3A+(1)%0D%0Apengalaman+situasi+dan+kondisi+nyata+dalam+kelas+dengan+berbagai+permasalahan+yang%0D%0Aterjadi%2C+(2)+mengenali+berbagai+permasalahan+yang+timbul+di+lingkungan+sekolah%2C+(3)%0D%0Amengatasi+berbagai+permasalahan+yang+timbul+di+lingkungan+sekolah.+Semua%0D%0Apengalaman+ini+sangat+bermanfaat+untuk+meningkatkan+kompetensi+mahasiswa+sebagai%0D%0Acalon+tenaga+pendidik+baik+pada+lembaga+pendidikan+kejuruan+maupun+lembaga+diklat.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2016&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F50508%2F1%2F04_13501241007_Khairudin%2520Bahari_PT%2520Elektro.pdf&rft.identifier=++Khairudin+Bahari%2C+Khairudin+Bahari++(2016)+LAPORAN+INDIVIDU+PRAKTIKPENGALAMANLAPANGAN(PPL)+LOKASI+SMK+NEGERI+2+PENGASIH.++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++