TY - RPRT KW - Kata Kunci: Praktik Pengalaman Lapangan KW - Bimbingan dan Konseling KW - SMA N 9 Yogyakarta ID - UNY50491 Y1 - 2016/// PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) A1 - Fortuna Widiastuti Handayani, Fortuna Widiastuti Handayani AV - public M1 - project_report N2 - Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Bimbingan dan Konseling di Sekolah merupakan salah satu rangkaian kuliah yang harus ditempuh demi mendapatkan gelar S1 kependidikan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan ketrampilan dan pemahaman mengenai berbagai aspek kependidikan dan pemberian berbagai bentuk program layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan oleh seorang guru pembimbing, dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan yang bertugas memberikan layanan bimbingan di sekolah yang profesional. Lokasi praktik pengalaman lapangan yaitu SMA Negeri 9 Yogyakarta. Sekolah ini berlokasi di Jalan Sagan 1, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Selama kegiatan, praktikan melaksanakan berbagai program kerja yang bertujuan untuk memfasilitasi proses bimbingan dan pengoptimalan potensi siswa. Pada realisasinya kegiatan berjalan sesuai dengan target yang sudah direncanakan. Kegiatan PPL Bimbingan dan Konseling di SMA N 9 Yogyakarta meliputi kegiatan layanan administrasi, layanan dasar, layanan responsive, serta dukungan system. Program yang diselenggarakan pada kegiatan PPL, disusun untuk mengoptimlakan perkembangan dan potensi yang dimiliki peserta didik. Selain itu, juga untuk melatih praktikan sebelum terjun ke dunia kerja nantinya. Dengan demikian, praktikan memiliki keterampilan dalam menangani berbagai tugas sebagai calon guru pembimbing khususnya dan tenaga kependidikan pada umumnya, mengatur program bimbingan dan konseling, dan memberikan layanan bimbingan dan konseling dalam seting sekolah sehingga menghasilkan input dan output yang handal. UR - http://eprints.uny.ac.id/50491/ ER -