eprintid: 50484 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/04/84 datestamp: 2017-07-06 05:45:38 lastmod: 2019-10-01 11:32:55 status_changed: 2017-07-06 05:45:38 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Abdul Rouf, Abdul Rouf title: LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kata kunci: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMA Negeri 9 Yogyakarta abstract: Praktik Pengalaman lapangan (PPL) adalah program yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik dan tenaga kependidikan. Program ini merupakan mata kuliah 3 SKS yang wajib ditempuh oleh mahasiswa jenjang S-1 kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengalaman bagi mahasiswa kependidikan yang akan menjalani profesi sebagai pendidik dalam rangka mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Oleh karena itu, mahasiswa dapat merasakan atmosfer dunia kependidikan secara langsung dan nyata yang dalam hal ini penyusun melaksanakan PPL di SMA Negeri 9 Yogyakarta yang berlokasi di Jalan Sagan No.1, Yogyakarta. PPL berlangsung selama kurang lebih 8 minggu, yaitu terhitung sejak tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan ini mencakup praktik mengajar dan praktik manajemen administrasi sekolah yang diselenggrakan oleh pihak SMA Negeri 9 Yogyakarta. Adapun hasil yang dicapai selama PPL mahasiswa mendapat banyak sekali pengalaman dan ketrampilan baik dalam hal melaksanakan pembelajaran maupun hal manajerial sekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan berjalan dengan lancar, dan tidak terdapat kendala yang begitu berarti selama kegiatan PPL berlangsung. Praktik mengajar di kelas dengan jumlah mengajar minimal 8 kali pertemuan telah dilaksanakan sebanyak 16 kali pertemuan dan 12 kali mengajar dengan menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Secara keseluruhan, dalam pelaksanaan PPL penyusun melalui beberapa tahap yaitu pertama observasi ke sekolah dengan melihat secara langsung KBM yang dilakukan oleh guru bidang studi dan keadaan sekolah. Kemudian melaksanakan kegiatan mengajar (micro teaching) di kampus bersama dosen mikro dan rekan mahasiswa dalam rangka persiapan praktek mengajar di sekolah. Setelah persiapan dilakukan kemudian praktek mengajar di sekolah, terhitung mulai tanggal 15 Juli sampai dengan 15 Sepember 2016. Kegiatan mengajar dilakukan di kelas X MIPA 2, dan X IPS sesuai kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing. Dalam praktek mengajar ini dilakukan berbagai persiapan mulai dari tahap persiapan seperti penyusunan Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Penyusunan Program Semester, Program Tahunan, Matriks kerja, Evaluasi, dan lain-lain. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Abdul Rouf, Abdul Rouf (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/50484/1/Abdul%20Rouf-P.Sejarah.pdf