eprintid: 50405 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/04/05 datestamp: 2017-07-05 06:10:36 lastmod: 2019-10-01 11:41:48 status_changed: 2017-07-05 06:10:36 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Tri Ratna Prafitri Sari, Tri Ratna Prafitri Sari title: LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kata kunci : PPL, Bidang PMPTK Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, Pengarsipan berkas tunjangan tambahan penghasilan (Tamsil). abstract: Praktik pengalaman lapangan (PPL) 2016 merupakan langkah yang strategis guna melatih kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa sebagai calon tenaga kependidikan. Pelaksanaan program PPL bertujuan untuk mengasah kemampuan mahasiswa agar semakin terlatih, dan mahasiswa diharapkan dapat menyerap banyak ilmu dari pengalamannya selama terjun di lapangan. Maka dari itu mahasiswa dapat belajar dan menularkan berbagai keilmuan yang tujuannya dapat mengasah mahasiswa menjadi tenaga kependidikan yang profesional. Sebelum penerjunan dilaksanakan, penulis beserta teman – teman Tim kelompok PPL UNY 2016 melakukan observasi terlebih dahulu, dimana pada saat observasi ditemukan beberapa permasalahan. Berdasarkan hasil observasi maka penulis dapat menentukkan program kerja, yaitu Pengarsipan Berkas Penerima Tunjangan Tambahan Penghasilan (Tamsil) Triwulan III Tahun 2016 Se-Kabupaten Klaten. Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016, yang berlokasi di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, dimana penulis terjun di bidang PMPTK. Pada kali ini mahasiswa diberi kesempatan melaksanakan program “Pengarsipan Berkas Penerima Tunjangan Tambahan Penghasilan (TAMSIL) Triwulan III Se-Kabupaten Klaten”, dimana pelaksanaan program kerja ini dilakukan pada 25 Juli 2016 hingga 1 September 2016. Pelaksanaan program ini bertujuan untuk membantu pegawai di bidang PMPTK dalam merawat berkas atau arsip dengan baik dan benar. Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan penulis yaitu melakukan koordinasi dengan Kepala seksi bidang pendidik beserta staffnya, memilah berkas/arsip yang dibantu oleh staff bidang pendidik, melaksanakan proses pengarsipan sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh Kepala seksi bidang pendidik, dan pada tahap akhir berkas/arsip aktif dibendel dan disusun sesuai dengan pengarahan dari Kepala seksi bidang pendidik. Program kerja yang dilaksanakan oleh penulis dapat berjalan dengan baik, meski dalam proses pelaksanaannya penulis menemui beberapa hambatan, seperti kurang lengkapnya berkas yang terlampir, adanya kesalahan penulisan nama penerima tunjangan Tamsil, dan lain sebagainya, namun hambatan tersebut dapat segera diatasi. Selama pelaksanaan program kerja kegiatan ini juga melibatkan Kasi bidang Pendidik beserta staffnya, terbukti dengan adanya partisipasi aktif dari pegawai bidang PMPTK yang bersedia membantu sehingga dapat terselesaikannya program kerja yang dilaksanakan oleh penulis. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Tri Ratna Prafitri Sari, Tri Ratna Prafitri Sari (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/50405/1/Tri%20Ratna%20Prafitri%20Sari%2013101241010.pdf