@techreport{UNY50401, journal = {Laporan PPL}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN}, author = {Nindya Faradina Nindya Faradina}, type = {Project Report}, year = {2016}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, keywords = {Kata kunci : PPL, Perpustakaan, Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, Gerakan Literasi Sekolah.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/50401/}, abstract = {Praktik pengalaman lapangan merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. Program PPL diharapkan dapat mendarmabaktikan ilmu akademis mahasiswa dilapangan, selain itu mahasiswa juga dapat belajar dari praktik-praktik dilapangan secara langsung. Pada PPL kali ini mahasiswa memiliki program GLS (Gerakan Literasi Sekolah) di Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten yang bertujuan untuk mengetahui keberhasilan peningkatan minat baca siswa di sekolah dasar. Pelaksanaan program PPL dibantu oleh kepala seksi bidang perpustakaan sekolah beserta staff. Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa PPL terwujud sebagai berikut: Menyusun dan menyiapkan instrumen observasi, Menghubungi pihak sekolah mengenai observasi pelaksanaan kegiatan GLS, Mendatangi sekolah untuk melakukan observasi di perpustakaan, Mengolah data hasil observasi, Melakukan pengklasifikasian data, Membuat laporan. Hasil yang diperoleh dari program PPL ini adalah kegiatan GLS di sekolah dasar berhasil diterapkan karena adanya berbagai dukungan dari pihak sekolah seperti perpustakaan yang optimal, koleksi buku perpustakaan yang beragam, dan respon atau antusias dari siswa sangat mendukung. Dengan adanya kegiatan GLS siswa semakin rajin mengunjungi perpustakaan. Hal ini dapat dilihat pada grafik peminjam dan pengunjung perpustakaan yang meningkat. Kegiatan GLS ini juga memberikan dampak positif bagi siswa, dimana siswa menjadi rajin membaca. Artinya minat baca siswa meningkat dengan adanya kegiatan GLS.} }