eprintid: 50355 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/03/55 datestamp: 2017-07-05 01:51:17 lastmod: 2019-10-01 11:37:14 status_changed: 2017-07-05 01:51:17 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: MARTIYAH, MARTIYAH title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI: SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kata Kunci: Biologi, PPL, SMA Negeri 10 Yogyakarta abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk kegiatan yang diadakan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Pelaksanaan PPL ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal permasalahan sekolah yang berkaitan dengan proses pembelajaran, dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki selama di bangku perkuliahan ke dalam pembelajaran di sekolah. Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016 di SMA Negeri 10 Yogyakarta. Selama mengikuti kegiatan PPL, mahasiswa tidak hanya bertugas mengajar di dalam kelas, tetapi mahasiswa juga harus menyusun program pengajaran dan beberapa dokumen lain yang dibutuhkan selama berlangsungnya kegiatan PPL. Beberapa dokumen yang harus disusun oleh mahasiswa untuk menunjang proses pembelajaran meliputi RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Materi Pembelajaran, Media dan alat pembelajaran, serta Alat dan Bahan Evaluasi. Pada pelaksanaan PPL ini, praktikan bertugas untuk mengampu kelas XII IPA 1 dan XII IPA 2. Namun di beberapa kesempatan, praktikan juga mengampu mata pelajaran biologi di kelas XII IPA 4 dan satu kali masuk kelas X MIA 3 dan X MIA 4. Masing-masing kelas mendapat 5 jam pelajaran dan 4 jam pelajaran dalam satu minggu. Selain mengajar, praktikan juga menangani kegiatan-kegiatan lain di luar kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, PPL dapat menjadikan praktikan untuk terjun langsung dan berperan aktif dalam kegiatan sekolah, menambah sudut pandang dan memperluas wawasan dalam lingkungan sekolah. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: MARTIYAH, MARTIYAH (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI: SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/50355/1/Martiyah%20%2813304244031%20-%20Pend.%20Biologi%29.pdf