eprintid: 50299 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/02/99 datestamp: 2017-07-04 06:51:53 lastmod: 2019-10-01 11:33:55 status_changed: 2017-07-04 06:51:53 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Aswatun Khasanah, Aswatun Khasanah title: LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kata Kunci : SMK Negeri 3 Purworejo, Praktik Pengalaman Lapangan, Pendidik abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh dan dilalui oleh setiap mahasiswa S1 Kependidikan sebagai calon guru , yang pelaksanaannya dilakukan disebuah institusi pendidikan dalam hal ini sekolah. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan kesempatan kepada mahasiswa untuk sebagai seorang guru yang simulasinya dilakukan di kelas dengan murid yang sebenarnya sedang malaksanakan belajar serta menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai nya selama menempuh pendidikan S1 selama kuliah. Kegiatan PPL ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 PURWOREJO, yang beralamatkan di Jalan Kartini No.5 Purworejo. Lokasi ini berdekatan dengan sekolah lainnya seperti SMK Kartini Purworejo, MAN Purworejo, SMK Penabur Purworejo. Pelaksanaan PPL dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli – 15 September 2016. Kegiatan praktik mengajar mahasiswa dilakukan di kelas X Jasa Boga 1,X Jasa Boga 2, X Jasa Boga 3 dan X Jasa Boga 4 dengan mata pelajaran yang diperoleh yaitu Pengantar Pariwisata. Kegiatan mengajar mata pelajaran ini dilaksanakan setiap hari Senin, Selasa dan Kamis. Kegiatan yang dilakukan selama PPL yaitu 1) Observasi sekolah dan kelas yang dilakukan sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung, 2) Praktik Mnegajar Terbimbing, 3) Pendampingan kegiatan siswa, 4) Piket menjaga UKS dan Perpustakaan. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah memberikan wawasan dan rasa tanggung jawab sebagai pendidik terhadap pengelolaan proses belajar mengajar di sekolah, memberikan pengalaman pendidikan maupun profesi yang dapat meningkatkan kemampuan atau profesionalisme calon pendidik di bidang kependidikan. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Aswatun Khasanah, Aswatun Khasanah (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/50299/1/Aswatun%20Khasanah%2013511244004_Laporan%20PPL%20SMK%20Negeri%203%20%20Purworejo%20%281%29%20%281%29.pdf