eprintid: 50262 rev_number: 25 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/02/62 datestamp: 2017-07-03 08:34:10 lastmod: 2019-10-01 11:39:21 status_changed: 2017-07-03 08:34:10 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Rasyid Rizkian Anhar, Rasyid Rizkian Anhar title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kata Kunci : PPL, SMA Negeri 3 Purworejo, Mengajar. abstract: Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan terpadu dan saling mendukung satu dengan lainnya dalam rangka mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Penyelengaraan program PPL secara terpadu bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang bagus dan bermutu, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Tujuan lain adalah memberikan gambaran dan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam hal alokasi waktu, perencanaan program, pengelolaan, dan pendanaan yang efisien dan efektif. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di lokasi SMA Negeri 3 Purworejo yang dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2015. SMA Negeri 3 Purworejo beralamat di Jalan Yogya Km.8 Purworejo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo. Sekolah ini memiliki fasilitas yang cukup baik dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Dalam kegiatan PPL, praktikan mengajar beberapa mata pelajaran sesuai bidangnya masing-masing Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Beberapa persiapan PPL yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi dengan guru pembimbing, dosen pembimbing dan observasi kegiatan pembelajaran. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran antara lain program semester, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, pembuatan media pembelajan, penugasan dan evaluasi. Praktik mengajar dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa praktikan mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa praktikan telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Rasyid Rizkian Anhar, Rasyid Rizkian Anhar (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/50262/2/DOKUMENTASI%20KEGIATAN%20Rasyid.docx document_url: http://eprints.uny.ac.id/50262/3/FORMAT%20OBSERVASI.docx document_url: http://eprints.uny.ac.id/50262/4/Matriks%20PPL%20Rasyid.docx document_url: http://eprints.uny.ac.id/50262/6/RPP%20Has%20IHT%20SMAN%203%20PWR%20%20Rasyid.doc document_url: http://eprints.uny.ac.id/50262/7/SILABUS%20GEOGRAFI%20VERSI%202016.docx document_url: http://eprints.uny.ac.id/50262/8/soal%20ulangan%20blok%201.docx document_url: http://eprints.uny.ac.id/50262/9/1.%20Halaman%20Depan%20rasyid.docx document_url: http://eprints.uny.ac.id/50262/10/1.%20Halaman%20Depan%20rasyid.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/50262/11/2.%20BAB%201-3.docx document_url: http://eprints.uny.ac.id/50262/12/2.%20BAB%201-3.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/50262/13/CATATAN%20HARIAN%20RASYID.docx document_url: http://eprints.uny.ac.id/50262/14/CATATAN%20HARIAN%20RASYID.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/50262/15/DAFTAR%20NILAI%20SISWA%20X%20IIS%201%202016-2017%20yani.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/50262/16/Matriks%20PPL%20Rasyid.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/50262/17/RPP%20KELAS%20X%20SMAN%203%20PWR%20%20Rasyid.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/50262/18/soal%20ulangan%20blok%201.pdf