?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F50257%2F&rft.title=LAPORAN+INDIVIDU%0D%0AKEGIATAN+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN&rft.creator=Nasila+Sari%2C+Nasila+Sari&rft.subject=LPPMP&rft.description=Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+merupakan+salah+satu+mata+kuliah+wajib+yang+harus+ditempuh+mahasiswa+program+S1+kependidikan.+Program+PPL+bertujuan+untuk+memberikan+pengalaman+kepada+mahasiswa+dalam+bidang+pembelajaran+di+sekolah%2C+dalam+rangka+melatih+dan+mengembangkan+kompetensi+keguruan+atau+kependidikan%3B+memberi+kesempatan+kepada+mahasiswa+untuk+mengenal%2C+mempelajari%2C+dan+menghayati+permasalahan+sekolah+yang+terkait+dengan+proses+pembelajaran%3B+dan+meningkatkan+kemampuan+mahasiswa+untuk+menerapkan+ilmu+pengetahuan+dan+keterampilan+yang+telah+dikuasai+secara+interdisipliner+kedalam+pembelajaran+di+sekolah.%0D%0APendekatan+yang+digunakan+dalam+mengajarkan+materi+adalah+pendekatan+Saintifik.+Model+pembelajaran+menggunakan+Discovery+Learning+dan+Problem+Based+Learning.+Discovery+Learning+yaitu+strategi+pembelajaran+yang+dirancang+sedemikian+rupa+sehingga+siswa+dapat+menemukan+konsep-konsep+dan+prinsip+melalui+proses+mentalnya+sendiri%2C+dalam+menemukan+konsep%2C+siswa+melakukan+pengamatan%2C+menggolongkan%2C+membuat+dugaan%2C+menjelaskan+dan+menarik+kesimpulan.+Problem+Based+Learning+yaitu+strategi+pembelajaran+yang+menggunakan+proyek%2Fkegiatan+sebagai+sarana+pembelajaran+untuk+mencapai+kompetensi+sikap%2C+pengetahuan%2C+dan+keterampilan.+Pendekatan+pembelajaran+terletak+pada+aktivitas+peserta+didik+untuk+memecahkan+masalah+dengan+menerapkan+ketrampilan+meneliti%2C+menganalisis%2C+membuat+sampai+dengan+mempresentasikan+pembelajaran+berdasarkan+pengalaman+nyata.+Media+yang+digunakan+pada+pembelajaran+di+kelas+XI+adalah+White+Board%2C+handout%2C+jobsheet%2C+dan+powerpoint+pada+pelajaran+pengolahan+dan+penyajian+makanan+kontinental.%0D%0ASecara+keseluruhan+program+kerja+PPL+terlaksana+dengan+baik+diantaranya+dapat+menambah+pengalaman+dan+wawasan%2C+memberikan+kesempatan+bagi+mahasiswa+untuk+mengetahui+secara+lebih+dekat+aktivitas+dan+berbagai+permasalahan+yang+terkait+dengan+proses+pembelajaran+meskipun+terdapat+hambatan-hambatan+selama+pelaksanaan+kegiatan+diantaranya+masalah+komunikasi+dan+koordinasi+antara+pihak+sekolah+dengan+mahasiswa+PPL+supaya+lebih+ditingkatkan+kembali+agar+tercipta+suasana+yang+kondusif+dalam+pelaksanaan+PPL.+Selain+itu+kerjasama+yang+telah+terjalin+dengan+baik+antara+pihak+sekolah+dan+pihak+universitas+diharapkan+dapat+terjalin+lebih+erat.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2016&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F50257%2F1%2FNASILA%2520SARI_15511247007.pdf&rft.identifier=++Nasila+Sari%2C+Nasila+Sari++(2016)+LAPORAN+INDIVIDU+KEGIATAN+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN.++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++