eprintid: 50239 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/02/39 datestamp: 2017-07-03 04:23:06 lastmod: 2019-10-01 11:39:28 status_changed: 2017-07-03 04:23:06 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Resty Destriana, Resty Destriana title: LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kata kunci : PPL UNY, SMP N 2 Yogyakarta, Bimbingan dan Konseling abstract: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mempunyai program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan sebagai kegiatan menyangkut profesinya sebagai tenaga pendidik.. Di mana dalam pengembangannya masih tetap mempertahankan dan terus harapkan program PPL ini dapat mempersiapkan serta menghasilkan guru atau tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan sehingga menjelama menjadi tenaga profesional pendidikan. Pada kegiatan ini para mahasiswa dituntut untuk bisa berkreasi dalam penerapan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh dan dikembangkan kepada masyarakat, terutama masyarakat sekolah. Pelaksanaan PPL bertempat di SMP Negeri 2 Yogyakarta, dengan melaksanakan program-program kegiatan baik yang bersifat fisik maupun non-fisik sesuai ketrampilan yang dimiliki mahasiswa. Kegiatan atau program PPL dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Sebelum kegiatan dilaksanakan terlebih dahulu diawali dengan berbagai persiapan. Persiapan tersebut menyangkut kegiatan yang diprogramkan dari UNY maupun yang diprogramkan secara individu oleh praktikan, yang meliputi pengajaran mikro, pembekalan, observasi dan pembuatan RPL, praktik mengisi bimbingan klasikal, menyusun administrasi layanan BK, dan penyusunan evaluasi BK. Pelaksanaan PPL berjalan lancar. Hasil dari kegiatan PPL di SMP Negeri 2 Yogyakarta antara lain praktik mengisi bimbingan klasikal sebanyak 33 kali tatap muka pertemuan di kelas IX A sampai IX F, dan melaksanakan program insidental yaitu melakukan presensi di setiap kelas dan piket bersalaman dengan siswa di pagi hari. Kegiatan PPL memberikan banyak manfaat untuk sekolah maupun praktikan dalam rangka mengembangkan kompetensi dan sebagai latihan sebelum terjun ke masyarakat dan melakukan tugasnya secara nyata. Pelaksanaan PPL ini tentulah bermanfaat untuk praktikan, walaupun terkadang dijumpai hambatan-hambatan. Terdapat pula kelebihan dan kelemahan dalam pelaksaan PPL, namun praktikan selalu berusaha mencari solusi untuk mengatasi kelemahan yang dihadapi. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Resty Destriana, Resty Destriana (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/50239/1/RESTI%20DESTRIANA%2011104244039%20BK.pdf