<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "LAPORAN INDIVIDU\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)"^^ . "Praktik Pengalaman lapangan (PPL) merupakan suatu program terpadu yang\r\ndilaksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yang wajib diikuti oleh\r\nseluruh mahasiswa kependidikan di UNY. Program PPL ini merupakan sarana\r\npengaplikasian ilmu yang telah diperoleh mahasiswa di bangku kuliah. Selain itu,\r\nprogram PPL ini merupakan salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu\r\npengabdian kepada masyarakat yang dalam hal ini adalah sekolah. Dalam hal ini\r\nmasyarakat sekolah turut membantu serta mendukung pengembangan sekolah melalui\r\nprogram PPL. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dan\r\nmeningkatkan skill mahasiswa sebagai calon guru dalam kegiatan belajar mengajar\r\ndan praktik persekolahan.\r\nKegiatan PPL di SMP Negeri 2 Yogyakarta dimulai sejak tanggal 15 Juli\r\nhingga 15 September 2016. Adapun pelaksanaan program PPL tersebut meliputi\r\nobservasi sekolah, observasi kelas, persiapan mengajar, dan RPP, praktik mengajar,\r\npelaksanaan piket di sekolah, pelaksanaan piket guru, serta kegiatan-kegiatan lain\r\nyang bertujuan untuk mengembangkan diri mahasiswa agar siap menjadi tenaga\r\npendidik yang berkualitas di masa mendatang. Pada tahap praktik mengajar,\r\nmahasiswa menyaiapkan perangkat pembelajaran yag meliputi Rencana Pelaksanaan\r\nPembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Praktik mengajar mulai dilaksanakan\r\npada tanggal 27 Juli 2016 sampai 5 September 2016. Pada tahap pelaksanaan,\r\nmahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diberi kesempatan untuk\r\nmengajar di kelas VII D dan VII F dengan alokasi waktu 2x40 menit untuk setiap\r\npertemuan. Permasalahan yang ditemui mahasiswa PPL di SMP Negeri 2 Yogyakarta\r\nadalah masalah pengelolaan kelas.\r\nHasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan\r\npengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat\r\npembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa dapat\r\nmengembangkan ilmu serta keterampilan mengajar yang dimiliki sesuai bidang\r\nkeilmuan yang ditempuh. Pengelolaan kelas sangat perlu ditingkatkan agar siswa\r\ndapat menerima materi pembelajaran dengan baik. Salah satu hal yang perlu\r\ndilakukan untuk meningkatkan pengelolaan kelas diantaranya adalah membangun\r\nkomunikasi yang baik antara mahasiwa PPL dengan siswa-siswa, sehingga terjalin\r\nkerjasama antara guru dan siswa ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.\r\nDengan demikian, kegiatan PPL ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi\r\npihak sekolah maupun kepada mahasiswa sendiri untuk mengembangkan\r\nkemampuannya dan mengaplikasikan pengetahuan pengalaman praktik mengajar di\r\nkelas agar dapat berguna di masa depan."^^ . "2016" . . . "LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Laporan PPL"^^ . . . . . . . . "Avine Fistia Ulfa"^^ . "Avine Fistia Ulfa"^^ . "Avine Fistia Ulfa Avine Fistia Ulfa"^^ . . . . . . "LAPORAN INDIVIDU\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) (Text)"^^ . . . "AVINE FISTIA ULFA 13201241025 PBSI.pdf"^^ . . . "LAPORAN INDIVIDU\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "LAPORAN INDIVIDU\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "LAPORAN INDIVIDU\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "LAPORAN INDIVIDU\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "LAPORAN INDIVIDU\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #50233 \n\nLAPORAN INDIVIDU \nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)\n\n" . "text/html" . . . "LPPMP" . .