@techreport{UNY50224, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {Laporan PPL}, title = {LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN}, author = {Febri Darmawan Al F. Febri Darmawan Al F.}, type = {Project Report}, year = {2016}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, keywords = {Kata Kunci: PPL, Aktif, Pembelajaran}, abstract = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2016 yang berlokasi di SMP Negeri 9 Yogyakarta telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada 15 Juli-15 September 2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 15 mahasiswa dari 7 program studi, yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Daerah (Bahasa Jawa), Pemdidikan Seni Musik, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Bimbingan Konseling, dan Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman yang nyata dalam proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan potensi diri mahasiswa sebagai tenaga keguruan yang profesional dan memiliki pengetahuan, sikap, serta keterampilan yang memadai. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktik mengajar dimulai pada tanggal 25 dan 27 Juli 2016, dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan di kelas VII A, B dan C, dengan tiap pertemuan berdurasi tiga jam pelajaran. Pokok bahasan yang diajarkan adalah teks cerita fantasai dan teks prosedur pada BAB II dan BAB III pada Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016. Teks cerita fantasi dan teks prosedur yang diajarkan meliputi pokok bahasan struktur teks cerita fantasi dan teks prosedur, ciri bahasa teks cerita fantasi dan teks prosedur, isi teks cerita fantasi dan teks prosedur, ide pokok tiap paragraf pada teks cerita fantasi dan teks prosedur, dan keterkaitan isi teks cerita fantasi dan teks prosedur dengan kehidupan nyata sehari-hari siswa. Semua itu disampaikan dengan pendekatan saintifik.Program kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar. Selain itu, peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas juga memberikan kelancaran dalam program tersebut. Terlaksananya program PPL ini juga tidak terlepas dari dukungan dan bantuan pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Namun, praktikan menemui beberapa hambatan ketika melaksanakan PPL, yakni praktikan masih kurang kooperatif antara skenario pembelajaran di RPP dengan implementasi di kelas. Praktikan masih mengunggulkan seni mengajar ?improvisasi?. Saat di kelas, praktikan sering menemui kendala bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran saat praktikan hanya berkutat pada RPP semata. Sementara itu, seni pengajaran ?improvisasi? justru menjadikan suasana kelas lebih aktif.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/50224/} }