%0 Report %9 Project Report %A Yesria Luthfiananti Nuri Sabella, Yesria Luthfiananti Nuri Sabella %D 2016 %F UNY:50221 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Kata kunci: PPL, Praktek mengajar, sekolah, pembelajaran. %T LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) %U http://eprints.uny.ac.id/50221/ %X Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu institusi pendidikan selalu mempertahankan dan mengembangakan fungsi untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru dan tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan, sehingga mampu menjadi tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan memberikan bekal kepada mahasiswa berupa serangkaian mata kuliah praktik antara lain Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMP Negeri 9 Yogyakarta, praktikan mencoba mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahlian. Persiapan yang dilakukan sebelum Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yakni, pengajaran mikro, pembekalan PPL, observasi pembelajaran di kelas, dan pembuatan persiapan mengajar. Sehingga mahasiswa memiliki pengalaman menjadi pendidik yang profesional dalam nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai bekal dirinya dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Kegiatan yang dilakukan praktikan dalam PPL meliputi: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, media pembelajaran, menyusun evaluasi pembelajaran dan penilaian, praktek mengajar terbimbing dan mandiri, mempelajari administrasi guru (piket guru, pembukuan penilaian siswa), mempelajari manjemen sekolah (kepala sekolah, tata usaha, kesiswaan, kurikulum) serta membantu program yang diselenggarakan sekolah yang tidak termasuk program kerja yang dibentuk oleh tim PPL. Selain itu, mahasiswa PPL juga mengikuti atau mendampingi ekstrakurikuler. Praktikan ini mengikuti pendampingan ekstrakurikuler paduan suara. Dalam kegiatan PPL periode 18 Juli – 15 September 2016, praktikan mendapatkan kesempatan PPL di SMP N 9 Yogyakarta. Mahasiswa PPL mengajar beberapa mata pelajaran sesuai bidangnya masing-masing. Praktikan mengajar mata pelajaran Bahasa Jawa di kelas VII B, VII F, IX B, IX D, IX E, dan IX F. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak minimal 8 kali. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas.Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembalikan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi.