eprintid: 50195
rev_number: 9
eprint_status: archive
userid: 1271
dir: disk0/00/05/01/95
datestamp: 2017-07-06 01:06:26
lastmod: 2019-01-30 14:22:26
status_changed: 2017-07-06 01:06:26
type: thesis
metadata_visibility: show
contact_email: 13201241015@students.uny.ac.id
creators_name: Handayani, Defi Aprilia
creators_id: 13201241015@students.uny.ac.id
title: PELAKSANAAN PENILAIAN OTENTIK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA
ispublished: pub
subjects: E1
divisions: fbs_jurdik_indonesia_pend_bahasa_dan_sastra_indonesia
full_text_status: restricted
keywords: Penilaian Otentik, pembelajaran Bahasa Indonesia
abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian otentik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di  SMP Negeri 8 Yogyakarta. Deskripsi pelaksanaan penilaian otentik meliputi perencanaan penilaian otentik, pelaksanaan 
penilaian otentik, kendala-kendala yang muncul dalam pelaksanaan penilaian otentik, dan upaya guru dalam mengatasi kendala dalam melaksanakan penilaian otentik 
pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 8 Yogyakarta.  
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian bersifat naturalistik karena penelitiannya dilakukan dengan kondisi 
alami. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII C dan VII H SMP Negeri 8 Yogyakarta. Data diperoleh melalui wawancara, pengamatan, dan analisis dokumen yang dianalisis secara kualitatif melalui empat tahap, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan penilaian otentik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan Kurikulum 2013. Perencanaan pelaksanaan penilaian otentik tersusun dalam rancangan pelaksanaan pembelajaran. 
Pelaksanaan penilaian otentik dilaksanakan lebih baik dari perencanaan yang telah disiapkan sebelumnya. Guru menggunakan berbagai model penilaian otentik yang 
disesuaikan dengan kondisi kelas dan materi yang diajarkan. Hal ini menunjukkan bahwa guru Bahasa Indonesia memiliki kemampuan yang kreatif dan inovatif dalam melaksanakan penilaian otentik. Pada pelaksanaan penilaian otentik masih ditemukan beberapa kendala, yaitu kendala dari siswa. Guru Bahasa Indonesia telah melakukan beberapa upaya yang efektif dalam mengatasi kendala yang ditemukan, Hal itu menunjukkan bahwa kelas dapat dikelola dengan baik oleh guru.
date: 2017-03-24
date_type: published
institution: Universitas Negeri Yogyakarta
department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
thesis_type: skripsi
referencetext: Abidin, Yunus. 2012.  Pembelajaran 
Bahasa Berbasis Pendidikan 
Karakter. Bandung: PT Refika 
Aditama. 
 
Abidin, Yunus. 2014.  Desain Sistem 
Pembelajaran dalam Konteks 
Kurikulum 2013.  Bandung: 
Refika Aditama. 
 
Arifin, Zainal. 2012.  Evaluasi 
Pembelajaran. Bandung: PT 
Remaja Rosdakarya. 
 
Majid, Abdul dan Chaerul Rochman. 
2015. Pendekatan Ilmiah: dalam 
Implementasi Kurikulum 2013. 
Bandung: PT Remaja 
Rosdakarya. 
 
Nurgiyantoro, Burhan. 2014.  Penilaian 
Pembelajaran Bahasa Berbasis 
Kompetensi. Yogyakarta: BPFE. 
 
Nasution. 2003.  Metode Penelitian 
Naturalistik Kualitatif. Bandung: 
Tarsito. 
 
Yaumi, Muhammad. 2014.  Prinsip-
Prinsip Desain Pembelajaran 
disesuaikan dengan Kurikulum 
2013. Jakarta: Kencana.
citation:   Handayani, Defi Aprilia  (2017) PELAKSANAAN PENILAIAN OTENTIK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA.  S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/50195/1/SKRIPSI_Defi%20Aprilia%20Handayani_13201241015.pdf