relation: http://eprints.uny.ac.id/50177/
title: KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN
creator: Handiyani, Nuri
subject: Bahasa dan Sastra Indonesia
description: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada perbedaan keterampilan menulis teks berita yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita dengan model pembelajaran  problem based instruction  dan siswa  yang mengikuti pembelajaran  menulis teks berita  dengan metode konvensional, (2) menguji keefektifan  model pembelajaran  problem based instruction dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa.   Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest dan control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII  SMP Negeri  1 Seyegan. Adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII  E sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII  D sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling.   Validitas yang dilakukan adalah validitas isi dengan  expert judgement  dan reliabilitas dihitung menggunakan teknik konsistensi internal  alpha cronbach.   Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes menulis  teks berita. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t.   Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor pascates antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa thitung  sebesar 6,278 pada taraf signifikansi 5%  dengan db 54  dan p sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan ada perbedaan  kemampuan menulis teks berita yang signifikan   antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita dengan  model pembelajaran problem based instruction dan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita dengan metode konvensional. Setelah dilakukan uji prates dan   pascates  masing-masing kelompok, terlihat bahwa thitung  kelompok eksperimen sebesar 7,421 pada taraf signifikansi 5% dengan db 27 dan nilai p sebesar 0,000.   Hal ini menunjukkan bahwa  model pembelajaran  problem based instruction efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa.  Hasil perhitungan  gain score  menunjukan kelompok eksperimen sebesar 11,43 dan kelompok kontrol sebesar 10,18.
date: 2017-03-20
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/50177/1/SKRIPSI_Nuri%20Handiyani_12201241016.pdf
identifier:   Handiyani, Nuri  (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN.  S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.