%0 Thesis %9 S2 %A Utari, Sri %B Program Pascasarjana %D 2009 %F UNY:50159 %I UNY %K biologi, metode pengajaran %T Pengembangan Kreativitas Siswa melalui Strategi Peta Konsep (Concept Mapping) dalam Pembelajaran Biologi di Kelas X Akselerasi SMA Negeri 8 Yogyakarta %U http://eprints.uny.ac.id/50159/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan sikap kreatif siswa kelas X akselerasi melalui penerapan strategi pembelajaran peta konsep dalam pembelajaran Biologi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X akselerasi SMA Negeri 8 Yogyakarta Tahun pelajaran 2007/2008 yang terdiri dari 12 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan terjadi kenaikan rata-rata skor kreativitas dari siklus I sebesar 244,42 menjadi 438,83 di siklus II dan 413,92 di siklus III. Ditinjau dari komponen kreativitas yang muncul pada peta konsep terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam membuat keterangan hubungan dan hubungan silang dari siklus ke siklus. Pengamatan terhadap munculnya sikap kreatif siswa selama pembelajaran menunjukkan peningkatan dari siklus I rata-rata sebesar 68,2% (rendah), siklus II sebesar 74,4 % (sedang) dan siklus III sebesar 86,40% (tinggi). Pengamatan terhadap situasi pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan faktor pendukung kreativitas dan penurunan faktor penghambat kreativitas. Pada siklus I rata-rata skor indikator pendukung kreativitas sebesar 75,6% (tinggi), pada siklus II sebesar 82% (tinggi) dan siklus III sebesar 85% (tinggi). Rata-rata skor indikator penghambat kreativitas siklus I sebesar 68,2 % (rendah), siklus II sebesar 58,75% (rendah) dan siklus III sebesar 45,75% (rendah).