@phdthesis{UNY50157, author = {Retno Utaminingsih}, school = {UNY}, title = {Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pemanfaatan Media Virtual dan Media Non Virtual dalam Pembelajaran Sains di SMP Negeri 2 Wanadadi Banjarnegara Tahun Ajaran 2008/2009}, year = {2009}, month = {October}, keywords = {prestasi belajar, Ilmu Pengetahuan Alam}, url = {http://eprints.uny.ac.id/50157/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada pemanfaatan media virtual (media animasi komputer) dan media non virtual (media nyata) dalam pembelajaran sains siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Wanadadi Banjarnegara pada materi Cahaya ditinjau dari aspek kognitif dan aspek afektif. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Dalam proses eksperimen dilakukan pengamatan pada dua kelompok pembelajaran yaitu kelompok eksperimen yang diberi pembelajaran dengan menggunakan media virtual (media animasi komputer) dan kelompok kontrol yang diberi pembelajaran dengan menggunakan media non virtual (media nyata). Populasi penelitian adalah kelas VIII SMPN 2 Wanadadi Banjarnegara yang terdiri dari 6 kelas dan sampel penelitiannya adalah kelas VIII B dan kelas VIII C yang diambil secara random. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan angket minat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistika inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan media virtual (media animasi komputer) dan kelas kontrol yang menggunakan media non virtual (media nyata). Jadi, media virtual (media animasi komputer) dan media non virtual (media nyata) sama baiknya dalam meningkatan hasil belajar siswa baik dari aspek kognitif maupun aspek afektif.} }