TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/50156/ M1 - tesis ID - UNY50156 AV - public KW - Ilmu Pengetahuan Alam KW - guru - profesionalisme TI - Kreativitas Guru SD Negeri Inpres Sido dalam pembelajaran IPA tahun pelajaran 2008/2009 PB - UNY A1 - Mujakir, Mujakir Y1 - 2009/04/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kreativitas guru SD Negeri Inpres Sido dalam pembelajaran IPA Tahun Pelajaran 2008/2009 dan membangun teori spesifik dengan berdasarkan pada komponen-komponen; kreativitas guru menyeleksi dan menggunakan media dalam pembelajaran IPA, faktor yang mendukung kreativitas guru dalam mengembangkan materi, mengembangkan metode, dan langkah-langkah yang dilakukan sekolah dalam mengembangkan kreativitas guru. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif phenomenologik interpretif dengan model paradigma naturalistik Guba. Penentuan informasi penelitian dilakukan secara purposif. Subyek penelitian adalah guru yang mengajar mata pelajaran IPA pada kelas IV, V, dan VI. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi dan dianalisis dengan analisis model Bogdan yaitu analisis selama berada di lapangan dan analisis setelah meninggalkan lapangan. Keabsahan data diperoleh melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi dengan sumber, metode, dan triangulasi dengan teori. Hasil penelitian ini adalah: (1) cara guru menyeleksi dan menggunakan media pembelajaran yaitu: mengidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam standar kompetensi dasar yang menjadi acuan pemilihan bahan ajar, mengidentifikasi jenis-jenis materi bahan ajar, memilih bahan ajar yang sesuai atau relevan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah teridentifikasi, memilih sumber bahan ajar; (2) faktor-faktor yang mendukung guru dalam mengembangkan materi pembelajaran yaitu: pengalaman mengajar, motivasi guru, gaya kepemimpinan kepala sekolah, dan ketersediaan media yang melimpah, (3) guru megkombinasi beberapa metode berdasarkan karakteristik materi, karakteristik belajar, dan karakteristik peserta didik. (4) sekolah melibatkan guru IPA dalam berbagai pelatihan dan kegiatan seperti pelatihan PAKEMB dan kegiatan KKG serta MGMP. ER -