<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Perbedaan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Ilmu Pengetahuan\r\nAlam Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Metode Pembelajaran Eksperimen dan Demonstrasi"^^ . "Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) perbedaan pemahaman konsep IPA siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan (2) perbedaan minat belajar IPA siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.\r\nJenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Dalam proses eksperimen dilakukan pengamatan pada dua kelompok pembelajaran yaitu kelompok eksperimen yang diberi metode\r\npembelajaran eksperimen dan kelompok kontrol yang diberi metode pembelajaran demonstrasi. Populasi penelitian adalah siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sapen di Gowongan dan sebanyak\r\n40 orang siswa dijadikan sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan angket.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemahaman konsep IPA siswa yang diajar melalui metode pembelajaran demonstrasi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar\r\nmelalui metode pembelajaran eksperimen; dan (2) ada perbedaan minat belajar IPA sebelum dan setelah diberi perlakuan. Berdasarkan kategori minat pada kelas eksperimen, kategori minat sangat tinggi sebesar 22.7% siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan, kategori minat tinggi berkurang sebesar 22.7% siswa yakni dari 40.9% menjadi 18.2% siswa, kategori minat rendah bertambah 13.6% siswa yakni dari 9.1% menjadi 22.7% siswa, dan kategori minat sangat rendah bertambah 9.1% siswa yakni dari 27.3% menjadi 36.4% siswa. Pada kelas kontrol, kategori\r\nminat sangat tinggi bertambah sebesar 12.5% siswa yakni dari 8.3% menjadi 20.8% siswa, kategori minat tinggi berkurang 4.2% siswa yakni dari 16.7% menjadi 12.5% siswa, kategori minat rendah sebesar 29.2% siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan, dan kategori minat sangat rendah berkurang sebesar 8.4% siswa yakni dari 45.8% menjadi 37.5% siswa. Perbedaan ini menunjukkan bahwa minat siswa yang diajar dengan metode pembelajaran demonstrasi cenderung mengalamai peningkatan bila dibandingkan dengan metode pembelajaran eksperimen."^^ . "2009" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Muhammad"^^ . "Nizaar"^^ . "Muhammad Nizaar"^^ . . . . . . "Perbedaan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Ilmu Pengetahuan\r\nAlam Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Metode Pembelajaran Eksperimen dan Demonstrasi (Text)"^^ . . . "tesis-muhammad-nizaar-07708251003.swf"^^ . . "HTML Summary of #50153 \n\nPerbedaan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Ilmu Pengetahuan \nAlam Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Metode Pembelajaran Eksperimen dan Demonstrasi\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Pengetahuan Alam" . .