TY - RPRT PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta ID - UNY50144 Y1 - 2016/// TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA KW - Kata kunci : mahasiswa KW - PPL KW - dan praktik mengajar AV - public M1 - project_report N2 - Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan pendidikan yang berupa pengalaman belajar dalam masyarakat, khususnya di lingkungan sekolah melalui pelatihan dan pengalaman belajar. Kegiatan yang dilakukan dalam Praktik Pengalaman Lapangan yaitu kegiatan yang bersifat aplikatif untuk mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus agar dapat dikembangkan oleh mahasiswa di sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa sebagai calon guru kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan. Tujuan Praktik Pengalaman kerja ini diantaranya yaitu untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa calon-calon pengajar profesional dan berkualitas dalam lingkup persekolahan. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang berlokasi di SMP Negeri 14 Yogyakarta pada tanggal 15 Juli 2016 hingga 15 September meliputi praktik mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Mahasiswa calon guru Bahasa Indonesia melakukan praktik kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di dua kelas di kelas IX, yaitu kelas IXA dan IXB. Selain itu, yaitu kegiatan praktik persekolahan bertujuan untuk mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar pembelajaran di kelas. Kegiatan tersebut yaitu Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Pengenalan Lingkunagan Sekolah (PLS), piket guru, piket perpustakaan, dan upacara. Mahasiswa praktikan melaksanakan praktik meengajar sebanyak 18 kali pertemuan. Dalam pelaksanaan praktik mengajar, mahasiswa praktikan selalu dipantau dan dibimbing dalam membuat perangkat/ administrasi serta mengadakan evaluasi setelah selesai pembelajaran atau di waktu-waktu tertentu. Kegiatan PPL menghasilkan pengalaman nyata yang dapat digunakan oleh mahasiswa calon guru yaitu berupa perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi yang dijalaninya. UR - http://eprints.uny.ac.id/50144/ A1 - Nisa Febria Sridiani, Nisa Febria Sridiani ER -