eprintid: 50137 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/01/37 datestamp: 2017-06-21 04:51:55 lastmod: 2019-10-01 11:40:14 status_changed: 2017-06-21 04:51:55 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Sarah Fadhila Safitri, Sarah Fadhila Safitri title: LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report abstract: Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh dalam setiap jenjang S-1 kependidikan. Kegiatan PPL merupakan bentuk implementasi nyata dari mata kuliah Micro Teaching dan mata kuliah lain yang menyangkut kependidikan yang selama ini telah dipelajari semasa perkuliahan dari semester 1 hingga 6. Sebelum masa pelaksanaan PPL, dilaksanakan terlebih dahulu pembekalan PPL. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa mempunyai bekal dan gambaran mengenai pelaksanaan PPL di sekolah. Selain itu, mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan observasi proses pembelajaran di kelas sebelum masa penerjunan PPL dimulai. Observasi pra-PPL menyangkut perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, metode pembelajaran, penggunaan bahasa, penggunaan waktu, bahasa tubuh, cara memotivasi siwa, teknik bertanya, teknik penguasaan kelas, penggunaan media, bentuk dan cara evaluasi, serta menutup pelajaran, dan perilaku siswa, baik di dalam maupun di luar kelas. Dalam pelaksanaan PPL, penulis mencoba mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahliannya yaitu Teknik busana. Pembagian jadwal mengajar disesuaikan dengan jumlah guru masuk kelas tiap kelasnya. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa rencana pembelajaran dan pembuatan media yang sesuai dengan kebutuhan lapangan. Masa awal kegiatan PPL meliputi observasi dalam kelas seperti kegiatan belajar mengajar, pengkondisisan murid dan evaluasi pembelajaran. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 26 tatap muka, di kelas rombel ketrampilan busana dari tanggal 25 Juli sampai dengan 16 September 2016 dengan kegiatan tatap muka sebanyak 4 kali pertemuan setiap minggunya pada hari senin sampai jumat. Setiap pertemuan berdurasi dua jam pelajaran (satu jam pelajaran adalah 35 menit). Sebelumnya penulis membuat persiapan (perangkat pembelajaran) yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan Praktik Pengalaman Lapangan ini penulis mendapat pengalaman dalam pembelajaran secara nyata di dalam kelas beserta permasalahan kependidikan di sekolah. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Sarah Fadhila Safitri, Sarah Fadhila Safitri (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/50137/1/sarah%20fadhila%20safitri.pdf