%0 Thesis %9 S1 %A Dwihantoro, Arif %A Hartono, Hartono %B Jurusan Pendidikan Matematika %D 2017 %F UNY:50107 %I UNY %T PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP %U http://eprints.uny.ac.id/50107/ %X Peneilitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Aritmatika Sosial untuk siswa kelas VII SMP dan untuk mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari analysis (analisis), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Instrumen penelitian ini adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan perangkat pembelajaran, angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan perangkat pembelajaran, dan tes hasil belajar siswa yang terdiri dari tujuh soal uraian untuk mengukur keefektifan perangkat pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa lima RPP dan lima LKS berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi aritmatika sosial untuk siswa kelas VII SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas perangkat pembelajaran ditinjau dari aspek kevalidan memenuhi kriteria valid dengan perolehan skor rata-rata 4,08 dari skor maksimal 5 untuk RPP dan 4,04 dari skor maksimal 5 untuk LKS, aspek kepraktisan memenuhi kriteria sangat praktis dengan perolehan skor rata-rata 3,45 dari skor maksimal 4, dan aspek keefektifan memenuhi kriteria sangat efektif dengan persentase ketuntasan mencapai 85,3%. Kata kunci: perangkat pembelajaran, CTL, aritmatika sosial