eprintid: 50104 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/01/04 datestamp: 2017-06-21 00:48:17 lastmod: 2019-10-01 11:34:44 status_changed: 2017-06-21 00:48:17 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Dewi Meilani, Dewi Meilani title: LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 2016 SD NEGERI LEMPUYANGAN I YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kata kunci: PPL, observasi, hasil kegiatan abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Manfaat dari kegiatan tersebut adalah menambah pemahaman dan penghayatan mahasiswa tentang proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. SDN Lempuyangan I terletak di Jl. Tukangan No.6 Tegal Panggung, Danurejan, Yogyakarta. Secara umum, SDN Lempuyangan I memiliki berbagai macam fasilitas yang mendukung kegiatan pembelajaran. Kurikulum yang dipakai di sekolah SDN Lempuyangan adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kegiatan PPL di SDN Lempuyangan I diawali dengan observasi kondisi fisik sekolah dan proses pembelajaran penjas. Mahasiswa diberi kesempatan untuk mengajar mata pelajaran penjas di kelas II sampai dengan kelas V sebanyak 8 kali. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menjadi salah satu tugas yang harus dilakukan oleh calon guru penjas sebelum melaksanakan praktik mengajar di lapangan maupun di kelas. Selain praktik mengajar, mahasiswa PPL penjas mendapat kesempatan untuk membantu proses lomba kantin sehat, mempelajari administrasi guru dan kelas, membantu mengelola UKS, memeriahkan HUT RI ke-71, memeriahkan, dan membantu kegiatan di perpustakaan SDN Lempuyangan I. Seluruh kegiatan PPL yang berlangsung di SDN Lempuyangan I secara umum berjalan baik dan lancar. Mahasiswa penjas memperoleh pengalaman yang tidak terlupakan dari kegiatan PPL ini. Selain pengalaman, mahasiswa memperoleh manfaat dan tambahan ilmu dari kegiatan PPL ini yang dapat menunjang empat kompetensi guru yaitu pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Kegiatan PPL di SDN Lempuyangan I ini berjalan baik dan lancar didasari karena adanya hubungan yang baik antar sesama mahasiswa PPL, antara mahasiswa PPL dengan guru, serta mahasiswa dengan karyawan. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Dewi Meilani, Dewi Meilani (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 2016 SD NEGERI LEMPUYANGAN I YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/50104/1/10.%20DEWI%20MEILANI_NIM%2013604221014_LAPORAN%20INDIVUDU_PPL_A040_UNY.pdf