%0 Thesis %9 S1 %A Mulyawati, Nikita %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2017 %F UNY:50090 %I PGSD %T PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR MELALUI METODE CERAMAH TERHADAP PRESTASI AKADEMIK DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS III KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/50090/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar melalui metode ceramah terhadap prestasi akademik dan kecerdasan emosional siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kecamatan Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Ex-post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri kelas V Gugus III Kecamatan Kotagede Yogyakarta yang berjumlah 176 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala untuk mengumpulkan data keterampilan mengajar melalui metode ceramah dan kecerdasan emosional, sedangkan prestasi akademik menggunakan dokumentasi. Uji instrumen meliputi uji validitas menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan antara keterampilan mengajar melalui metode ceramah dengan prestasi akademik siswa, dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,5. Hasil dari R2 sebesar 6,1%, hal ini berarti keterampilan mengajar melalui metode ceramah memiliki sumbangan efektif sebesar 6,1% terhadap prestasi akademik, sedangkan 93,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. (2) terdapat pengaruh signifikan antara keterampilan mengajar melalui metode ceramah dengan kecerdasan emosional siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil dari R2 sebesar 18,7%, hal ini berarti keterampilan mengajar melalui metode ceramah memiliki sumbangan efektif sebesar 18,7% terhadap kecerdasan emosional, sedangkan 81,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Kata Kunci: metode ceramah, prestasi akademik, kecerdasan emosional.